Acuhkan Kritik Barat, China-Rusia Tanda Tangani Kerja Sama Ekonomi

Nhico
Nhico

Kamis, 25 Mei 2023 09:34

Vladimir Putin- Xi Jinping.(F-INT)
Vladimir Putin- Xi Jinping.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Rusia Perdana Menteri Rusia menandatangani serangkaian perjanjian kerja sama dengan Cina pada hari Rabu (24/05) dalam kunjungannya Beijing.

Kesepakatan ini menggambarkan hubungan bilateral pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan terjadi di tengah ketidaksetujuan Barat akan hubungan keduanya.

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengunjungi Beijing dan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Cina Li Qiang dan dijadwalkan akan bertemu Presiden Cina Xi Jinping.

Ini adalah kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat Rusia ke Cina sejak invasi negara itu ke Ukraina.

Di tengah perang di Ukraina yang telah menginjak tahun kedua, Rusia semakin merasakan beban sanksi yang dijatuhkan oleh sekutu Barat.

Moskow kemudian melirik Beijing untuk mendapatkan dukungan dan membantu memenuhi permintaan Cina akan minyak dan gas.

“Hari ini, hubungan antara Rusia dan Cina berada pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Mishustin kepada Li dalam pertemuan tersebut.

“Hubungan ini dicirikan oleh saling menghormati kepentingan satu sama lain, keinginan untuk bersama-sama menanggapi tantangan, yang terkait dengan meningkatnya pergolakan di arena internasional dan tekanan sanksi tidak sah dari kolektif Barat,” ujar Mishustin.

Li Qiang juga memuji kemitraan kerja sama strategis yang komprehensif antara Cina dan Rusia di era yang ia sebut sebagai “era baru”.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga15 April 2024 15:09
Arsenal Diklaim Bakal Kesulitan Meraih Gelar Juara
Pedomanrakyat.com, Inggris – Arsenal dinilai punya jadwal sisa Liga Inggris yang paling berat dibanding Liverpool dan Manchester City. Tim Howar...
Otomotif15 April 2024 14:53
MotoGP Amerika 2024: Vinales Menang, Marquez Celaka!
Pedomanrakyat.com, Amerika – MotoGP Amerika 2024 milik Aprilia. Maverick Vinales berhasil meraih hasil sempurna sepanjang akhir pekan sejak Fr...
Nasional15 April 2024 14:45
Kabar Baik! Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Berlaku Mulai Besok, Ini Syaratnya
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Bagi masyarakat pemegang Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya bisa diperpanjang tanpa bikin baru. Namun ...
International15 April 2024 14:39
Sengit! Iran dan Israel Debat Panas di Rapat DK PBB Setelah Serangan Drone-Rudal
Pedomanrakyat.com, New York – Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat untuk menyikapi situasi panas antara Iran dan Israel. Israel meminta DK...