Begini Kecepatan Jaringan 5G, Negara-negara Ini Sudah Implementasikan

Editor
Editor

Jumat, 18 September 2020 08:44

Begini Kecepatan Jaringan 5G, Negara-negara Ini Sudah Implementasikan
Begini Kecepatan Jaringan 5G, Negara-negara Ini Sudah Implementasikan

Pedoman Rakyat – Sejumlah negara rupanya sudah mengimplementasikan jaringan 5G. Asal ditahu jaringan 5G ini kali pertama diluncurkan pada tahun lalu.

Di beberapa area, kecepatan pengunduhan dengan jaringan 5G lebih cepat dibandingkan 4G LTE. Kendati demikian, teknologi baru ini masih dalam pengembangan tahap awal sehingga membutuhkan banyak perbaikan.

Saking cepatnya, dengan jaringan 5G kamu bisa menikmati film dengan kualitas definisi tinggi tanpa buffering. Namun dengan catatan kamu sudah memakai perangkat yang mendukung 5G dan terhubung dengan jaringan 5G.

Dilansir dari berbagai sumber, ini dia beberapa negara yang sudah bisa menggunakan jaringan 5G :

Meski kecepatan 5G dan jangkauannya di Amerika Serikat masih jauh dari sempurna, jaringan 5G bisa diakses di sejumlah kota besar di Negeri Paman Sam. Hingga saat ini, hanya ada tiga operator utama yang menyediakan 5G yaitu Verizon, T-mobile and AT&T.

Kanada

Di Kanada, 5G belum menjadi jaringan utama. Jaringan 5G hanya bisa diakses di dua kota yakni Calgary and Endmonton melalui dua operator yaitu Bell and Telus.

Australia dan Selandia Baru

Warga Australia bisa menikmati jaringan 5G di sepanjang pantai timur dengan operator utamanya yakni Telstra. Tetapi, kecepatan jaringan 5G lebih cepat bisa diakses di Sydney, Melbourne, Newcastle, Brisbane, Townsville, dan sejumlah kota yang populer dikunjungi turis di sepanjang pantai timur.

Sementara itu, jaringan 5G di Selandia Baru tersedia berkat Vodafone. Adapun, kota-kota yang menyediakan jaringan ini adalah Christchurch, Wellington, dan Queenstown.

Inggris

Jaringan 5G di Inggris bisa dinikmati warganya hampir di semua kota besar. Empat operator utamanya adalah Vodafone, O2, Three, dan EE.

Irlandia

5G bisa diakses di sejumlah kota besar antara lain Dublin, Limerick, Waterford, Wexford, dan Cork. Adapun, penyedia jaringannya adalah Vodafone dan Eir.

Eropa

Mayoritas Negara di kawasan Eropa Barat sudah menikmati teknologi 5G, tetapi jaringan ini tidak tersedia di semua negara di Uni Eropa. Negara-negara misalnya Austria, Swiss, Jerman, Belgia, Belanda, dan Polandia sudah memiliki jaringan 5G. Sebaliknya, Prancis dan negara-negara lainnya belum memiliki.

Jaringan 5G di Italia hanya bisa diakses di Roma dan Naples melalui Vodafone dan TIM, sedangkan Spanyol memasok teknologi 5G di sejumlah kota besar antara lain Madrid, Barcelona dan Valencia.

Di Eropa Utara misalnya Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, dan Latvia juga sudah memiliki jaringan 5G di beberapa kota besarnya.

Asia

Jaringan 5G bisa ditemukan di banyak Negara di Asia misalnya China, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

Korea Selatan adalah salah satu dari beberapa negara di Asia yang menyediakan jaringan G secara komersial pada tahun lalu. Meski belum ada konsenses atas siapa yang membuka akses teknologi pertama kalinya di Asia pada 2019, warga di Negeri Ginseng ini bisa menikmati cepatnya jaringan ini berkat SK Telecom, KT and LG U+.

Akses 5G bisa diakses di dua kota besar di Filipina yaitu Manila dan Cabanatuan melalui Globe Telecom.

Di Jepang, mayoritas kota besar sudah menyediakan jaringan ini melalui Softbank, NTT Docomo and KDDI(Au). Singapura juga sudah membuka akses 5G untuk semua warganya melalui MTN.

Afrika

Sebagian besar kawasan di Benua Afrika belum bisa menikmati teknologi ini, meski 5G sudah bisa diakses luas di Afrika Selatan. Warga di Madagascar, terutama di Antananarivo dan Toamasina, bisa menikmati 5G melalui Telma Mobile SA. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 15:27
Komisi E DPRD Sulsel Temukan Kelebihan Bayar Rp500 Juta di Biro Kesra, Minta Penyedia Segera Kembalikan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi E DPRD Sulawesi Selatan membidangi kesejahteraan masyarakat melakukan rapat kerja, di gedung DPRDSulsel, la...
Politik25 Juni 2024 00:44
Ramai-ramai Eks Pemain PSM Makassar- Pemerhati Bola Deklarasi Dukung Rusdin Abdullah di Pilwalkot
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon wali Kota Makassar Rusdin Abdullah (Rudal) menerima kunjungaj silaturahmi eks pemain PSM Makassar di P...
Metro24 Juni 2024 23:58
Tingkatkan Layanan Tanggap Bencana, Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dalam menunjang berbagai pelaksanaan misi tanggap bencana, Kalla Rescue meresmikan sekretariat yang berlokasi di N...
Metro24 Juni 2024 15:57
KPU Makassar Lantik 3.735 Pantarlih untuk Pilawalkot 2024
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kota Makassar melaksanakan pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau (Pantarli...