Cerita Babe Cabita usai Idap Penyakit Langka Anemia Aplastik

Nhico
Nhico

Rabu, 06 September 2023 09:23

Cerita Babe Cabita usai Idap Penyakit Langka Anemia Aplastik

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kisah perjuangan komika Babe Cabita sembuh dari penyakit langka bernama anemia aplastik menjadi perbincangan sepanjang hari ini.

Pria bertubuh tambun itu menceritakan awalnya hanya didiagnosis demam berdarah namun berujung kepada sakit lainnya.

Sang komika sempat dirawat di rumah sakit selama dua minggu dan istirahat total dari pekerjaannya selama tiga bulan lamanya. Pada Juni 2023, dia diopname karena positif DBD.

“Awal mulanya demam, DBD awalnya. DBD-nya positif,” kata Fati Indraloka, istri Babe Cabita di kawasan Transmedia, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan.

Menurut penuturan Fati, dokter merasa ada yang janggal karena selain demamnya tak kunjung turun, Babe Cabita juga mengalami penurunan HB dan leukosit. Oleh karena itu, dokter mengambil langkah untuk pemeriksaan lanjutan terhadap kondisi Babe Cabita.

“DBD kan cuma trombosit doang turun dan demamnya beberapa saat doang, kalau ini nggak turun-turun. Sudah gitu dokter mulai curiga kalau DBD turun cuma trombositnya saja, kalau aku semuanya turun, leukositnya turun sampai nol drop, HB sempat 6, trombosit setiap hari turun,” jelas Babe Cabita.

Dokter mengambil sampel sumsum tulang belakang Babe Cabita. Dari situ dokter mengetahui Babe Cabita mengidap penyakit langka yang juga bisa dibilang autoimun.

“Akhirnya diambil sumsum tulang belakang, sebelum dimasukin jarumnya, dibius dulu. Di situ diketahui penyakitnya bukan DBD, tapi anemia aplastik, penyakit cukup langkalah. Baru ketahuan, autoimunlah, kalau imun itu kan idealnya menyerang penyakit di tubuh. Kalau aku imunnya menyerang tulang sumsum aku. Sumsum kan fungsinya untuk memproduksi sel-sel darah karena sumsumnya diserang dia rusaklah jadi nggak bisa produksi darah,” ungkapnya.

Babe Cabita mendapat rekomendasi untuk melakukan pengobatan ke Malaysia atau Singapura. Di sana Babe Cabita akan diobservasi dan dilakukan transplantasi sumsum tulang belakang.

“Kalau mau sembuh total alternatifnya harus ke Malaysia atau Singapura untuk transplantasi tulang sumsum belakang,” ucapnya.

Ditemani Fati, sang istri, Babe Cabita mengakui ada rencana untuk pergi ke negara tersebut. Namun untuk saat ini Babe Cabita masih mengonsumsi obat dari dokter yang menanganinya di Jakarta.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah22 Juli 2024 16:07
Mendagri Tolong Berhentikan Pj Bupati Pinrang! Diduga Tak Netral di Pilkada, Mau Mutasi karena Perintah ‘Bos’
Pedomanrakyat.com, Makassar – Aliansi Pemuda dan Masyarakat Kabupaten Pinrang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Pinrang, Senin (2...
International22 Juli 2024 14:52
Respons Rusia atas Mundurnya Joe Biden dari Pilpres AS
Pedomanrakyat.com, Rusia – Joe Biden memutuskan mundur dari Pilpres AS. Biden mendukung Kamala Harris untuk melawan Donald Trump yang difavoritk...
Hiburan22 Juli 2024 14:43
Heboh Wanda Hara Datang ke Kajian Ustadz Hanan Attaki Pakai Cadar, Tuai Kritikan Netizen
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Wanda Hara kini bikin heboh usai disebut penistaan agama gegara pakai cadar di kajian Ustaz Hanan Attaki. Wanda Har...
Metro22 Juli 2024 14:36
TV Milik Prabowo, Garuda TV Promosikan Festival F8 Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan Garuda TV berkolaborasi mempromosikan Festival F8. Danny Pom...