Dewan Ingatkan PDAM, Berikan Pelayanan Terbaik ke Warga

Editor
Editor

Rabu, 26 Agustus 2020 13:36

Dewan Ingatkan PDAM, Berikan Pelayanan Terbaik ke Warga

Pedoman Rakyat, Makassar – Ketua Komisi B Bidang Ekonomi Keuangan DPRD Kota Makassar William Laurin mengatakan bahwa pelayanan PDAM Kota Makassar baru mencapai sekitar 70 persen sehingga belum ada kewajiban penyetoran deviden ke pemerintah kota.

Hal ini berdasarkan Permendagri tahun 2009 tentang Percepatan Terhadap Program Penambahan 10 juta Sambungan Rumah Air Minum yang mempersyaratkan Perumda harus memiliki tingkat pelayanan mencapai 80% sebelum diwajibkan menyetorkan devidennya. Namun jika peningkatan laba yang cukup tinggi dapat dipertahankan hingga akhir tahun maka ada potensi PDAM bisa menyetorkan devidennya ke Pemkot

“Jika laba semakin meningkat lagi ke depannya maka semakin tinggi deviden, jadi ada keterkaitan antara peningkaran laba ini dengan deviden nantinya,” ujar legislator PDIP ini.

William melanjutkan bahwa laporan tersebut masih akan dipantau kedepannya. Melihat potensi ini, dirinya bersama Komisi B berencana akan membicarakan hal tersebut pada laporan keuangan selanjutnya.

“Jadi rencana melihat hal ini jika berhasil dipertahankan dan meningkat bisa saja PDAM berpotensi setorkan deviden, nanti kita tekankan di triwulan ketiga devidennya kita bahas,” katanya lagi.

Lebih lanjut meski memperoleh laba sementara yang cukup tinggi dari target tahun ini sebesar Rp14 milliar, anggaran tersebut juga bisa saja dikembalikan lagi ke mereka untuk menggenjot pelayanan seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi belakangan sejumlah persoalan masih perlu diselesaikan oleh Perumda tersebut, seperti, distribusi air, kebocoran dan penggantian pipa, hingga peremajaan meteran air.

“Pelayanan masih perlu ditingkatian, seperti kebocoran air, di daerah utara itu masih banyak juga belum menikmati air, ini PR juga bagi PDAM,” lanjut William.

Sementara itu Anggota Komisi B Lainnya Nurul Hidayat juga merasa demikian, meski laba sementara cukup tinggi, dirinya menekankan pentingnya peningkatan pelayanan menjadi hal utama yang perlu dibenahi PDAM.

“Yang jelas kita jangan liat dulu target devidennya, peningkatan pelayanan yang terpenting, ketersediaan air bersih masih belum merata di pelosok kota, kebocoran-kebocoran pipa masih terdapat di mana-mana, karena banyak yang masih menggunakan pipa lama dan mungkin perlu diadakan pergantian pipa yang lebih besar, biar air mengalir lebih lancar,” ujar legislator Golkar ini. (*)

 

 

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah21 Mei 2024 00:58
Kembalikan Formulir Pendaftaran ke PPP, Pasangan Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang Mantap Maju Pilkada Enrekang
Pedomanrakyat.com, Enrekang — Pasangan Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang bidik PPP di Pilkada Enrekang. Kedua tokoh ini menjadi yang pertama memprok...
Politik21 Mei 2024 00:15
Hasil Pleno NasDem: Tetapkan Pasangan Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang di Pilkada Enrekang
Pedomanrakyat.com, Enrekang – Partai NasDem Telah menetapkan pasangan Yusuf Ritangnga dan Andi Tenri Liwang La Tinro sebagai pasangan Calon Bupa...
Politik21 Mei 2024 00:08
NasDem Sepakat Usung Arham Basmin-Rahmat ‘Kapten’ di Pilkada Luwu 2024: Kader Terbaik Partai!
Pedomanrakyat.com, Luwu – DPD Partai NasDem Kabupaten Luwu menggelar rapat pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu yang akan diusung ...
International20 Mei 2024 23:01
Kasus Covid Singapura Menggila, Ini Varian yang Harus Diwaspadai
Pedomanrakyat.com, Singapura – Singapura kembali dilanda gelombang baru Covid-19. Otoritas terkait telah mencatat lebih dari 25.900 kasus pada awal ...