Pemkab Bantaeng

Di Sulsel, Hanya Bantaeng yang Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

A. Zafran
A. Zafran

Senin, 28 Juni 2021 20:20

Di Sulsel, Hanya Bantaeng yang Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Pedoman Rakyat, Bantaeng – Pemerintah Kabupaten Bantaeng di bawah kepemimpinan Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Daerah berjarak 120 kilometer dari Makassar ini meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021.

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan ini diberikan kepada Ilham Azikin karena dia dianggap sosok yang dinilai mempunyai dedikaasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Penghargaan MKK ini diberikan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo kepada Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin secara virtual. Pelaksanaan virtual ini digelar di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin mengakui jika apresiasi dari pemerintah pusat itu adalah sebuah kehormatan baginya. Dia akan tetap mempertahankan dan menjaga kehormatan tersebut.

“Terimakasih setinggi-tingginya atas penghargaan ini. Ini adalah kehormatan untuk saya dan pemerintah Kabupaten Bantaeng,” kata dia.

Dia mengatakan, Bantaeng meraih penghargaan ini berkat kerja lintas sektoral dan kesadaran masyarakat. Dia menyebut, pembangunan di Kabupaten Bantaeng saat ini sudah berdasar pada kekuatan keluarga.

“Konsen dalam program ini adalah berjalan sesuai arahan dari BKKBN pusat untuk bagaimana mendorong sebuah pembangunan dengan bersandar pada kekuatan keluarga,” jelas dia.

Selain menjadi sosok yang memiliki dedikasi dalam pengendalian penduduk, Ilham Azikin juga meraih penghargaan atas percepatan pelaksanaan pendataan keluarga. Pemerintah Kabupaten Bantaeng masuk dalam kategori daerah dengan pendataan keluarga tercepat bersama dengan beberapa daerah lain di Sulsel.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo memberikan apresiasi kepada sejumlah daerah yang ikut membantu upaya pengendalian penduduk di Indonesia. Menurutnya, penghargaan ini untuk memotivasi daerah lainnya untuk terus berbuat yang baik.

“Penghargaan ini bentuk tanda apresiasi dan rasa hormat kami kepada seluruh pihak yang ikut membantu dalam upaya pengendalian penduduk dan pendataan keluarga,” jelas dia.

Gizi Terpadu

Salah satu penilaian yang mendorong penghargaan MKK ini adalah hadirnya UPTD Gizi terpadu. Kepala BKKBN Bantaeng, Abdi Syam mengatakan, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin selama dua tahun terakhir dianggap berhasil dalam intervensi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Bantaeng.

Bupati Bantaeng sebagai inisiator dan Ketua Tim Pusat Penanggulangan Gizi Terpadu yang dihadirkan di Bantaeng, merupakan yang pertama di Indonesia. Upaya ini dianggap sebagai langkah positif dalam mendukung upaya pemerintah dalam penanganan atau pencegahan stunting.

Angka Kelahiran Total (TFR) dibawah rata-rata provinsi dan nasional serta angka kepesertaan ber-KB (CPR) di atas rata-rata provinsi dan nasional turut menjadi indikator keberhasilan Program Bangga Kencana dinilai positif dan sukses.

Selain itu, Bupati Bantaeng mendukung pembentukan Kampung KB Mandiri berbasis desa dalam dua tahun terakhir. Tercatat telah terbentuk total 14 Kampung KB di Kabupaten Bantaeng berbasis Desa/Kelurahan dengan satu Kampung KB Percontohan.

Ilham Syah Azikin sangat aktif dalam kegiatan momentum Program Bangga Kencana lainnya, diantaranya Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Tahun 2020 dan 2021 berlangsung sukses dan terlayani ribuan akseptor dalam sehari.

“Selanjutnya dukungan terhadap Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh Bupati Bantaeng berbuah kesuksesan dengan indikator jumlah keluarga terdata 100% hingga akhir periode pendataan,” jelas dia.

Penulis : Zaena

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal30 Juli 2021 21:13
Polisi Amankan Supir Mobil Kemensos Penabrak Pesepeda di Makassar, Terancam 3 Tahun Penjara
Polisi Amankan Supir Mobil Kemensos Penabrak Pesepeda di Makassar, Terancam 3 Tahun Penjara...
Hukum/Kriminal30 Juli 2021 20:59
2 Pria Adu Jotos di Tengah-tengah Jalan Sultan Alauddin Makassar, Bikin Macet!
2 Pria Adu Jotos di Tengah-tengah Jalan Sultan Alauddin Makassar dan bikin macet...
Metro30 Juli 2021 18:14
Pengusaha Cantik di Makassar Sumbang Rp1 Miliar untuk Tangani Covid-19
Pengusaha cantik makassar Nurlinda Dwi Sukti....