Dicari, Oknum Dosen Kampus Swasta Buron Kasus Penipuan Wisudah Tanpa Kuliah di Makassar

Nhico
Nhico

Sabtu, 20 November 2021 13:07

Dicari, Oknum Dosen Kampus Swasta Buron Kasus Penipuan Wisudah Tanpa Kuliah di Makassar

Pedoman Rakyat, Makassar- Kepolisian Sektor (Polsek) Rappocini kini mengejar salah satu tersangka yang terlibat dalam aksi penipuan yang mengiming-imingi korbannya wisudah tanpa kuliah.

Tersangka tersebut ialah Y, yang diketahui berprofesi sebagai oknum dosen di salah satu Universitas Swasta di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Y tersebut diduga melarikan dan membawa kabur uang sejumlah korban yang mencapai Rp 50 juta.

“Statusnya sudah tersangka tapi dia sampai sekarang masih buron,” kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Akhmad Rizal kepada wartawan, Jumat (19/11/2021).

Menurut Akhmad, kasus ini terungkap setelah salah seorang korbannya, US (29) membuat laporan polisi terkait penipuan.

Polisi pun akhirnya mengamankan salah satu pelaku yakni wanita inisial TF (35), pada Rabu (17/11/2021)

“Sudah ada yang kami tangkap dan tahan dalam kasus ini, yaitu perempuan TF dan pengakuannya dia, wanita Y yang menjadi tersangka utama itu dosen dia, tapi sampai sekarang masih buron ya,” katanya.

Akhmad menjelaskan, perempuan Y yang bekerja sebagai dosen awalnya meminta ke perempuan TF untuk mencari mahasiswa yang ingin segera diwisuda. Y sebagai dosen mengaku bisa mempercepat wisuda para mahasiswa di universitas tempatnya mengajar.

“Dari pengakuan yang kami dapat, dosen ini bisa mempercepat wisuda mahasiswa asal mau membayar sejumlah uang,” kata Iptu Akhmad.

Wanita TF kemudian mencari dan berhasil memperdayai sembilan orang mahasiswa yang mana mereka bersedia menggunakan jasa dosen Y. Para mahasiswa itu lantas bersedia membayar sejumlah uang.

“Uang yang dibayarkan itu bervariasi, ada yang Rp 8 juta satu orang, ada yang Rp 10 juta, jadi secara keseluruhan itu tidak kurang dari Rp 50 juta yang disetorkan mahasiswa,” ungkapnya.

Namun hingga waktu yang disepakati, para mahasiswa yang sepakat membayar justru tak kunjung diwisuda seperti janji TF dan Y.

“Karena korban merasa ditipu selanjutnya wanita TF berusaha menghubungi dosen Y namun tidak pernah merespons dan telepon tidak diangkat. Maka TF mendatangi rumah Y namun rumah itu sudah kosong dan tidak berpenghuni,” kata Akhmad.

Karena tak kunjung mendapatkan kejelasan, korban inisial US lantas melaporkan hal ini ke polisi.

Penulis : Reza

 Komentar

Berita Terbaru
Metro06 Desember 2021 18:26
Peringatan Dini BMKG: Semua Daerah di Sulsel Waspada Hujan Lebat-Angin Kencang dan Potensi Banjir
Pedoman Rakyat, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Sel...
Hiburan06 Desember 2021 18:06
Celine Evangelista Ikut Merasa Bersalah Kematian Novia Widyasari, Tak Balas DM Curhatannya
Pedoman Rakyat, Jakarta – Penyesalan Celine Evangelista atas kematian Novia Widyasari baru terungkap. Celine Evangelista mengaku kaget setelah m...
Hukum/Kriminal06 Desember 2021 17:19
Security Asal Gowa Tewas Ditikam di Sebuah Kafe Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria berinisial AB (30) meregang nyawa usai nongkrong di kafe Noyu, Jalan Syarif Al Qadri, Kecamatan Makassar, Kota ...
Daerah06 Desember 2021 16:45
Sungai di Soppeng Sulsel Meluap, Dua Rumah Hanyut Terbawa Arus
Pedoman Rakyat, Soppeng- Dua unit rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulsel hanyut terbawa arus sungai yang meluap. Senin (6/12/2021). Peristiwa yan...