Dokter Reisa: PPKM Akan Terus Dilakukan Selama Covid-19 Masih Ada

Nhico
Nhico

Kamis, 19 Agustus 2021 12:03

Dokter Reisa: PPKM Akan Terus  Dilakukan Selama Covid-19 Masih Ada

Pedoman Rakyat, Jakarta- Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan pemerintah saat ini menjadikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai instrumen pengendalian mobilitas dan aktivitas masyarakat.

“Sesuai arahan Menkomarvest (Luhut Binsar Pandjaitan) telah menjelaskan selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” kata Reisa saat jumpa pers PPKM secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Reisa menambahkan bahwa pemerintah saat ini mengedepankan keseimbangan antara aspek kesehatan dengan ekonomi dalam pembukaan kembali mobilitas dan aktivitas masyarakat.

“Sesuai pesan Koordinator PPKM Jawa-Bali Menkomarvest bahwa pemerintah selalu mengedepankan keseimbangan antara aspek kesehatan dengan ekonomi pembukaan kembali mobilitas dan aktivitas masyarakat harus dilakukan secara gradual seiring dengan peningkatan cakupan vaksinasi dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan kecepatan 3T sehingga tidak menimbulkan penyebaran Covid-19 secara signifikan,” ucapnya.

Namun, Reisa tidak menutup kemungkinan apabila Covid-19 menunjukan tanda membaik level PPKM tentunya akan diturunkan.

“Jika situasi Covid-19 semakin membaik tentunya level PPKM akan diturunkan ke level yang lebih rendah. Dan pada akhirnya nanti akan menyiapkan kita ke situasi kehidupan new normal atau adaptasi dengan kebiasaan baru. Oleh karena itu evaluasi akan dilakukan setiap minggunya hingga perubahan situasi dapat direspon secara cepat,” terangnya.

Lebih lanjut, Reisa mengimbau masyarakat agar tidak khawatir dengan perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus 2021 mendatang. Sebab, apabila ada perbaikan dari Kota atau Kabupaten pemerintah akan menurunkan level PPKM.

“Dan karena itu pula tidak perlu khawatir dengan PPKM perpanjangan sampai 23 Agustus 2021 selama Kota/Kabupaten kita mengalami kemajuan dalam penerapan prokes, 3T, dan cakupan vaksinasi. Wilayah kita akan turun level dan aktifitas masyarakat akan dibuka secara bertahap. Contohnya pemerintah juga akan meningkatkan kapasitas tempat ibadah menjadi 50% di Kota/Kabupaten yang menunjukkan kinerja penanganan Covid-19 yang baik. Selain itu, olahraga jenis outdoor yang dilakukan secara individu atau kelompok yang jumlahnya tidak lebih dari empat orang dan tidak menimbulkan kerumunan atau kontak fisik akan diizinkan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional21 September 2021 16:10
Bela Warga, Brigjen Junior Kirim Surat Terbuka ke Kapolri hingga Panglima TNI, Isinya Mengejutkan
Pedoman Rakyat, Makassar – Irdam XIII/Merdeka Brigadir Jenderal Junior Tumilaar secara mengejutkan mengirimkan surat terbuka kepada Panglima TNI...
Ekonomi21 September 2021 15:43
Pasca Dihantam Gelombang Kedua Covid-19, Begini Kondisi Ekonomi Terkini RI
Pedoman Rakyat, Jakarta – Diperkirakan hingga akhir tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia 3,5-4,3%. “Ekonomi Indonesia diperkirakan te...
Nasional21 September 2021 15:43
Anies Baswedan Berulang Kali Acungkan Jempol Saat Dipanggil KPK Terkait Kasus Lahan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). pada Selasa (21/9/2021). An...
Nasional21 September 2021 15:27
MUI Bela Napoleon Aniaya Muhammad Kece Karena Sudah Hina Islam, Denny Siregar: Malu Gua Sama MUI Kayak Gini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pegiat media sosial Denny Siregar mengaku malu dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kasus penganiayaan t...