Dorong Bangkitnya Sektor Pariwisata Daerah, Bupati Maros Launching Familiarization Trip

Nhico
Nhico

Minggu, 21 November 2021 17:17

Dorong Bangkitnya Sektor Pariwisata Daerah, Bupati Maros Launching Familiarization Trip

Pedoman Rakyat, Maros – Untuk meningkatkan level kompetitif pariwisata Kabupaten Maros serta memacu minat dan kunjungan wisatawan ke desa wisata yang ada di Kabupaten Maros, Pemerintah Kabupaten Maros dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggandeng pihak Tourism Politeknik Makassar melaunching Familiarization Trip di Istana KartsDesa Bontolempangan, Kecamatan Bontoa, Kamis (18/11/2021).

Bupati Maros HAS Chaidir Syam dalam sambutannya mengungkapkan ini adalah salahsatu bentuk upaya pemulihan sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Beliau menambahkan, Kabupaten Maros memiliki potensi luar biasa dari ujung timur hingga ujung barat dengan beraneka ragam objek wisata yang berpotensi untuk dieksplorasi demi kesejahteraan masyarakat Maros khususnya, olehnya itu, seluruh pihak perlu memaksimalkan potensi tersebut.

Menurut beliau, program bertajuk Familiarization yang dilaunching hari ini dengan menggandeng stakeholder pariwisata sebagai terobosan yang baik mengingat imbas pandemi yang sangat mengganggu kehidupan masyarakat, terutama dari sektor pariwisata.

“Inovasi dan kreativitas semacam ini sangat dibutuhkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat. Dengan adanya terobosan yang bagus dan terkonsep baik, pariwisata akan bangkit dan menimbulkan efek berkelanjutan dimana seluruh stakeholder seperti UKM juga akan kembali menggeliat,” jelasnya.

Bupati juga menjelaskan, pariwisata adalah salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Maros dalam rangka mempercepat roda perekonomian daerah. Lebih lanjut beliau mengatakan, keberadaan desa wisata ini diharapkan mampu memberikan dampak ganda melalui pemerataan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, optimalisasi potensi ekonomi dan karakteristik daerah, serta mengangkat dan melindungi nilai-nilai budaya, agama, adat istiadat serta menjaga kelestarian alam.

“Selain itu, dalam perkembangannya sektor pariwisata, Desa Wisata merupakan salah satu jawaban dari perkembangan kecenderungan pasar wisata nasional, dimana orientasi pilihan wisatawan telah mengalami pergeseran pada wisata yang menyajikan keasrian wilayah pedesaan, dengan akomodasi yang mampu memberikan interaksi bersama penduduk setempat melalui produk yang berskala kecil namun tanpa merusak budaya serta adat istiadat yang ada,” pungkas Bupati.

Launching FamiliarizationTrip Istana Karts ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Maros didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros serta Perwakilan Dinas Pariwisata Propinsi Sulsel. Bupati juga menyaksikan Penandatanganan MoU antara Penggiat Desa Wisata dengan Perwakilan dari Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru.

 Komentar

Berita Terbaru
International06 Desember 2021 09:00
Sosok Yana Orfeeva, Model Diduga Selingkuhan Pangeran Arab, Uang Jajan Sehari Rp77 Juta
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pangeran dari Arab Saudi diduga berselingkuh dengan seorang model bernama Yana Orfeeva. Kini, nama Yana Orfeeva, men...
International06 Desember 2021 08:30
Amerika Serikat Marah Besar, Taliban Bunuh 100 Warga Eks Pasukan Afghanistan
Pedoman Rakyat, AS – Dilaporkan Taliban telah membunuh 100 warga yang juga merupakan eks pasukan Afghanistan. Dasar itu, Amerika Serikat sangat ...
Nasional06 Desember 2021 08:00
Budayawan Sujiwo Tejo Persilakan Para Menteri ke Semeru: Kecuali yang Satu Ini, Please Jangan ke Sana
Pedoman Rakyat, Jakarta – Meletusnya Gunung Semeru masih menjadi pembicaraan hangat masyarakat Indonesia. Tanggapan soal Gunung Semeru pun berag...
Metro06 Desember 2021 07:30
‘Camat-Lurah di Makassar Lapor Setiap 2 Jam’ Perintah Danny Pomanto Hadapi Cuaca Ekstrem
Danny menginstruksikan camat, lurah, dan seluruh OPD untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang....