Dosen UIN Makassar Bicara Istilah Kurban dan Udhiyah di Pemkab Gowa

Editor
Editor

Jumat, 17 Juli 2020 16:57

Dosen UIN Makassar Bicara Istilah Kurban dan Udhiyah di Pemkab Gowa

Pedoman Rakyat, Gowa – Jelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31Juli 2020 mendatang, Ustad Dr KH Abdullah Renre MA menyampaikan mengenai kurban yang identik dengan perayaan tersebut.

Hal itu dikatakannya saat menjadi penceramah pada Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah yang dilakukan Pemkab Gowa melalui via zoom di Peace Room A’Kio, Jumat (17/7).

Ustad yang juga dosen UIN Alauddin mengatakan udhiyah disebut juga kurban yang merupakan apa yang disembelih pada hari penyembelihan untuk disedekahkan kepada fakir miskin, dinamai dengan itu karena dilakukan pada hari adha dan waktu dhuha.

Menurutnya udhiyah dan memberikan bantuan sosial sebaiknya dibedakan meskipun dalam islam berbagi kepada saudara yang terkena musibah sangat dianjurkan.

“Dalam Islam ada atau tidak ada musibah udhiyah tetap terlaksana, sehingga jika melakukan udhiyah dan bansos lebih baik dibedakan tetapi tidak ada salahnya saat memberikan bantuan sosial kepada saudara yang terkena musibah udhiyah itu bisa diikutkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker hingga menjaga kebersihan diri karena Islam selalu mengajarkan mengenai kebersihan.

“Dimasa pandemi ini protokol kesehatan saat penting, jadi tetap jaga jarak dan menggunakan masker serta selalu cuci tangan,” ungkapnya.

Ia berharap apa yang menjadi syariat islam untuk selalu ditatati, dijalani dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.(zeg)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Juni 2024 15:27
Komisi E DPRD Sulsel Temukan Kelebihan Bayar Rp500 Juta di Biro Kesra, Minta Penyedia Segera Kembalikan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi E DPRD Sulawesi Selatan membidangi kesejahteraan masyarakat melakukan rapat kerja, di gedung DPRDSulsel, la...
Politik25 Juni 2024 00:44
Ramai-ramai Eks Pemain PSM Makassar- Pemerhati Bola Deklarasi Dukung Rusdin Abdullah di Pilwalkot
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon wali Kota Makassar Rusdin Abdullah (Rudal) menerima kunjungaj silaturahmi eks pemain PSM Makassar di P...
Metro24 Juni 2024 23:58
Tingkatkan Layanan Tanggap Bencana, Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dalam menunjang berbagai pelaksanaan misi tanggap bencana, Kalla Rescue meresmikan sekretariat yang berlokasi di N...
Metro24 Juni 2024 15:57
KPU Makassar Lantik 3.735 Pantarlih untuk Pilawalkot 2024
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kota Makassar melaksanakan pelantikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau (Pantarli...