DPRD Makassar Minta Siswa Putus Sekolah Imbas PJJ Didata

Nhico
Nhico

Jumat, 24 September 2021 16:40

DPRD Makassar Minta Siswa Putus Sekolah Imbas PJJ Didata

Pedoman Rakyat, Makassar- Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring/online selama pandemi Covid-19 dianggap tidak efektif. Bahkan, berdampak pada peningkatan siswa putus sekolah. Olehnya itu, pelaksanaan PJJ perlu dievaluasi sebelum dimulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik, mengakui peningkatan siswa putus sekolah karena minimnya fasilitas pendukung belajar daring. Bahkan, banyak orang tua menilai PJJ tidak optimal.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kemarin kita lakukan pendataan begitu ada 90-an persen orang tua itu tak menganggap anaknya sedang belajar. Tapi ini akan kita jejaki, apalagi sudah mau tatap muka,” ucap dia.

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, Al Hidayat Syamsu, meminta Pemkot Makassar mengevaluasi kembali pelaksanaan PJJ sebelum PTM dimulai. Terlebih ada laporan siswa putus sekolah imbas PJJ, dimana pemicunya kebanyakan karena tidak memiliki gadget.

“Memang banyak laporan masuk, kita akui itu. Faktornya mereka tidak punya gadget, ada yang bantu orang tuanya untuk cari uang. Nah, ini yang mesti ditahu,” papar Hidayat.

Dia mendesak agar Pemkot Makassar mendata jumlah siswa yang dilaporkan putus sekolah. Mereka harus diakomodir untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan akan didukung diakomodir dalam Perubahan APBD yang tengah memasuki pembahasan.

Senada, Ketua Komisi D Abdul Wahab Tahir menekankan kesiapan sekolah. Apalagi dia menilai, banyak sarana dan prasarana (sarpras) yang mengalami kerusakan selama sekolah tidak aktif dibuka.

Kendati begitu, pihaknya juga mengusulkan anggaran untuk pembenahan sekolah. “Adalah anggaran untuk sarpras sedikit, itu kita ajukan penambahan di Perubahan (APBD 2021), tapi saya tidak ingat nominalnya,” tutur dia.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...
Hukum/Kriminal25 Oktober 2021 10:56
Polisi Buru Pemotor yang Beraksi Freestyle di Jalan Tol Layang Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Viral video aksi ugal-ugalan dua pemotor yang nekat menerobos jalan tol layang AP Pettarani Makassar, Sabtu (23/10/20...
Metro25 Oktober 2021 10:32
Sedang Asik Berduaan di Wisma, Sepasang Mahasiswa di Makassar Digerebek Satpol PP
Pedoman Rakyat, Makassar – Sepasang mahasiswa terjaring razia sedang berduaan di dalam sebuah wisma. Razia ini dilakukan oleh Dinas Sosial dan S...