Kabar Baik! 94 Ribu Guru Honorer Segera Dilantik

Nhico
Nhico

Kamis, 23 September 2021 19:33

Kabar Baik! 94 Ribu Guru Honorer Segera Dilantik

Pedoman Rakyat, Jakarta – Komisi X DPR RI melakukan Rapat Kerja dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) membahas penerimaan seleksi 1 juta guru PPPK.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, dari 1 juta formasi yang disediakan hanya 506 ribu pelamar, dan 316 yang mendapatkan pelamar. Untuk tahap pertama, 94 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia yang ikut seleksi PPPK yang lulus, dipastikan akan segera dilantik untuk memenuhi kebutuhan guru ASN.

“Sekitar hampir 100 ribu, tepatnya 94 ribu guru honorer dari seluruh Indonesia bisa akan segera diangkat menjadi guru PPPK, ini baru ronde pertama, belum ronde ketiga tahun depan, dari 326 formasi yang terisi pelamarnya 30 persen terisi,” ungkap Nadiem Makarim di Ruang Sidang Komisi X, pada Kamis (23/9/2021).

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan menilai, pengangkatan guru ASN dari PPPK kedepannya lebih efektif. Politisi dari Fraksi PDIP ini meminta target penerimaan 1 juta guru PPPK harus segera tercapai, karena Indonesia kekurangan 3 juta guru.

“Penerimaan ASN 2022 hanya PPPK, ini pilihan keberpihakan politik Pemerintahan kepada guru PPPK, keluhan ditampung di Komisi X dan Kemendikbud, bisa menjadi masukan tepat kepada Kemenpan RB,” kata Putra Nababan.

Nadiem Makarin menambahkan, Indonesia tengah mengalami krisis kekurangan guru ASN, dimana dari 3.3 juta jumlah guru hanya 1.6 juta guru ASN dan sebagian besar sisanya guru honorer.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah25 Oktober 2021 12:22
Panen Raya di Pangkep, Bupati Yusran: Produksi Pertanian Meningkat, Petani Sejahtera
Pedoman Rakyat, Pangkep – Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menghadiri panen raya padi di Kampung Biring Ere, Desa Panaikang, Kecama...
Nasional25 Oktober 2021 12:13
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Perjuangan Masyarakat Adat, Perlu Dukungan Semua Pihak
Pedoman Rakyat, Palopo – Seringkali hak-hak masyarakat adat terabaikan di tengah proses pembangunan. Karena itu diperlukan undang-undang yang be...
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...