Komisi 3 DPRD Pangkep Pertanyakan Tindak Lanjut Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh

Nhico
Nhico

Jumat, 28 Juni 2024 08:26

Rapat kerja komisi 3 DPRD pangkep.
Rapat kerja komisi 3 DPRD pangkep.

Pedomanrakyat.com, Pangkep – Dalam rapat kerja (Raker) dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, komisi 3 DPRD Pangkep mempertanyakan peningkatan kualitas hunian/tempat tinggal yang layak huni.

Anggota komisi 3 DPRD Pangkep H.Tauhid berharap, agar alokasi anggaran yang ada dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka menuntaskan penurunan kawasan permukiman kumuh yang ada di kabupaten pangkep.

Selain itu H. Ikbal anggota komisi 3 lainya meminta dinas terkait, untuk meningkatkan sinkronisasi program kegiatan dengan perangkat daerah lainnya, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

“Sinkronisasi dan koordinasi program antar OPD sangat harus dilakukan, agar program yang ada dapat berjalan maksimal di tengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Nurul Haq menerangkan, terkait dengan penanganan kawasan permukiman kumuh, setiap tahun jumlah penurunan kawasan kumuh menjadi penilaian oleh pemerintah pusat.

“Adapun untuk prioritas anggaran pada tahun 2024 dalam penanganan permukiman kumuh, kami berfokus pada kegiatan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),”ungkapnya.

Nurul Haq menyatakan, penuntasan kawasan permukiman kumuh tidak bisa hanya dilakukan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan saja, namun memerlukan adanya kolaborasi lintas sektoral. Karena, dalam penanganannya juga menyangkut persoalan pembangunan aksesibilitas jalan, akses sanitasi serta saluran drainase.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Metro12 Juli 2024 22:02
Indira Bareng Putri Wapres Ma’ruf Amin Bahas Inovasi Penanganan Stunting di Kota Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Putri Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah, berkunjung ke kediaman pribadi Ketua TP PKK Kota Makassar...
Metro12 Juli 2024 21:57
Masyarakat Pulau Barrang Lompo Antusias Sambut Danny Pomanto
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didampingi Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail mengunjungi Pulau Barr...
Metro12 Juli 2024 21:55
Danny Pomanto Tinjau Langsung Uji Coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo
Pedomanrakyat.com, Makassar – Komitmen Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk menghadirkan layanan internet yang merata di wilayah kepul...
Daerah12 Juli 2024 21:50
Foto Kepresidenan Berlatar Menara Masjid Syech Abdul Gani, ini Dia Alasannya
Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Usai salat Jumat, protokol kepresidenan mengarahkan presiden RI, Joko Widodo menuju pelataran Masjid Agung Syech A...