KPU Sulsel Mengadu ke Gubernur, Ada Dua Pemda Belum Cairkan 100 Anggaran Pilkada

Editor
Editor

Senin, 14 September 2020 08:08

KPU Sulsel Mengadu ke Gubernur, Ada Dua Pemda Belum Cairkan 100 Anggaran Pilkada

Pedoman Rakyat, Makassar – Dua kabupaten di Provinsi Sulsel, hingga saat ini belum mencairkan 100 persen anggaran pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Dua kabupaten tersebut yakni Kabupaten Maros dan Kabupaten Luwu Utara.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir saat bertemu Gubernur Sulsel membahas soal anggaran dan penegakan protokol kesehatan secara ketat di setiap tahapan Pilkada Serentak 2020.

Faisal Amir mengatakan, anggaran Pilkada serentak harus sesegera mungkin dicairkan, berdasarkan penyampaian Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Ini memang perlu dicairkan 100 persen karena begitu petunjuknya untuk pelaksanaan Pilkada 2020, dari 12 kabupaten kota, 10 kabupaten sudah mengajukan pencairan 100 persen, tinggal 2 kabupaten yang belum mencairkan. Maros dan Kabupaten Luwu Utara,” ujar Faisal Amir.

Untuk Kabupaten Luwu Utara kata dia akan menyelesaikan pencairan anggaran Pilkada minggu ini, sementara untuk Kabupaten Naros masih sementara berkomunikasi dengan pemerintah daerah. “Untuk di Maros kita masih berkomunikasi dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Menurut dia, mulai dari tanggal 23 sampai seterusnya, pihak KPU sudah disibukkan dengan urusan administrasi proses Pilkada. Olehnya itu, pembahasan serta pencairan anggaran lebih baik dicairkan sejak awal.

“September ini sudah masuk penetapan calon pada tanggal 23, pada tanggal 26 akan melaksanakan tahapan kampanye, maka di tanggal-tanggal itu, kita sudah disibukkan dengan hal-hal teknis administrasi pelaksanaan Pilkada,” urainya.

“Alangkah baiknya lagi, kita tidak mengurusi lagi ketersediaan anggaran, kita fokus pada penyiapan kebutuhan pilkada, baik kebutuhan teknis Pilkada maupun kebutuhan APD, karena APD ini juga besar, tapi APD ini ditalangi oleh APBN dan kebutuhan logistik Pilkada ditalangi oleh APBD,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel menyampaikan, pertemuan itu untuk melaporkan berbagai tahapan yang sudah dilakukan KPU. “KPU meminta supaya beban kegiatan yang semakin besar, sehingga anggaran segera penuhi hari ini selesai,” jelas Nurdin. (zul)

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah30 Mei 2024 16:21
Partai NasDem Resmi Usung Nicodemus Biringkanae dan Darma Lelepadang di Pilkada Tana Toraja
Pedomanralyat.com, Makassar – Teka teki usungan Partai NasDem pada Pilkada Kabupaten Tana Toraja tahun ini terjawab sudah. Partai yang dipimpin ...
Metro30 Mei 2024 16:16
Tekan Inflasi Daerah, TPID Makassar Bersama BI dan Bulog Gelar Program MDC di Lima Pasar Rakyat
Pedomanrakyat.com, Makassar – Tim TPID Kota Makassar bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bulog melaksanakan kegiatan dalam rangka Pengendalian...
Metro30 Mei 2024 09:24
UPT Perbengkelan Dinas PU Makassar Lakukan Pemeliharaan Ban Mobil Sampah Tiap Kecamatan
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makasssar melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perbengkelan melakukan pemeliharaan ...
International30 Mei 2024 01:50
Makin Dikecam Makin Menggila, Tank Israel Terus Menuju Jantung Kota Rafah-Perang Bisa Berlanjut Sepanjang Tahun
Pedomanrakyat.com, Palestina – Israel mengirim tank untuk menyerang Rafah pada Rabu (29/5/2024) dan mengatakan perangnya terhadap Hamas di Gaza ...