KTT G20, Presiden Jokowi: Bali Siap jadi Tuan Rumah Tahun 2022

Nhico
Nhico

Jumat, 08 Oktober 2021 16:41

KTT G20, Presiden Jokowi: Bali Siap jadi Tuan Rumah Tahun 2022

Pedoman Rakyat, Jakarta – Presiden Joko Widodo(Jokowi) memastikan, Provinsi Bali siap menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada tahun 2022 mendatang.

G20 beranggotakan 19 negara utama penggerak ekonomi dunia, termasuk Indonesia, dan satu perwakilan regional yaitu Uni Eropa dibentuk sebagai respons terhadap krisis ekonomi pada tahun 1997 dan 1998. Kelompok G20 berkontribusi sekitar 85% pada produk domestik bruto (PDB) dunia, 75% perdagangan dunia, 80% investasi global, dan mencakuo dua per tiga populasi penduduk dunia.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Tadi saya baru saja meninjau dan memastikan kesiapan beberapa venue yang kita siapkan di Provinsi Bali, yang kita persiapkan untuk menjadi lokasi pelaksanaan KTT G-20 Tahun 2022,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau venue penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/10/2021).

Presiden Jokowi mengatakan, sebagai tuan rumah, Indonesia ingin melayani dengan baik, menampilkan yang terbaik, dan diyakininya Bali memiliki reputasi serta pengalaman dalam penyelenggaraan event berskala internasional.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan Indonesia akan dapat memanfaatkan pelaksanaan KTT G 20 sebagai showcasemengenai kemampuan pemerintah mengendalikan Covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun sisi ekonomi.

“Kemudian, kita juga ingin menampilkan kemajuan-kemajuan Indonesia yang telah kita capai dan juga showcase untuk kekayaan budaya bangsa yang majemuk, yang sangat beragam, dan sekaligus kita ingin menunjukkan leadership Indonesia dalam presidency G20 nantinya,” jelas Presiden Jokowi.

Ia meyakini akan tercipta sinergitas positif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat Bali untuk terus bersama-sama mengendalikan Covid-19.

“Dan, saya tadi pagi sudah mendapatkan laporan bahwa 98% masyarakat Bali sudah menerima vaksin dosis pertama dan 79% menerima dosis yang kedua. Ini adalah modal kita dalam mempersiapkan G20 kedepan,” jelas Presiden Jokowi.

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Kementerian Luar Negeri akan mengoordinasikan bahasan topik nonkeuangan (Sherpa Track).

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) akan mengoordinasikan bahasan topik di bidang keuangan (Finance Track), Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan akan mengoordinasikan Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara. Sedangkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertugas sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Media.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 20:46
Pelaku Pembunuh Orang Tua dan Saudari Kandung di Bantaeng Sulsel Diduga Alami Gangguan Jiwa
Pedoman Rakyat, Bantaeng- Kepolisian Resor (Polres) Bantaeng kini telah mengamankan A (30), pria keji yang tega membunuh kedua orang tuanya serta saud...
Nasional26 Oktober 2021 19:23
Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 300.000, Kemenkes: Segera Kami Tindak Lanjuti
Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) agar harga tes P...
Ekonomi26 Oktober 2021 18:11
Maraknya Pinjol Ilegal, Menkeu Sri Mulyani: Masyarakat Menderita dari Praktik Semacam Ini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung maraknya praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di In...
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 17:47
Aksi Unjuk Rasa Sejumlah Mahasiswa di Makassar Ricuh, Perwira Polisi Terkena Lemparan Batu
Pedoman Rakyat, Makassar- Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berakhir ricuh. Satu pejabat polisi terkena l...