Minimalisir Ketimpangan dengan Sinergi Belanja Pusat dan Daerah

Nhico
Nhico

Rabu, 24 November 2021 11:40

Minimalisir Ketimpangan dengan Sinergi Belanja Pusat dan Daerah

Pedoman Rakyat, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Vera Febyanthy menyampaikan pandangan fraksinya terkait keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah (RUU HKPD). Salah satunya soal potensi beleid baru itu dalam mengatasi sinergisi belanja pemerintah pusat dengan daerah.

“Catatan kritis kami, ketimpangan horisontal dan vertikal dapat diminimalisir, maka kami meminta pemerintah meningkatkan kualitas belanja daerah melalui sinergi belanja pusat dan daerah,” ujar Vera saat menyampaikan pandangan Fraksi Partai Demokrat pada pembicaraan tingkat I terhadap RUU HKPD dengan pemerintah, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Supaya, lanjut Vera, seluruh sumber daya fiskal dapat dioptimalkan. Yang pada akhirnya mendorong daerah tertinggal dalam mengejar potensi pembangunannya. Untuk itu Fraksi Partai Demokrat berharap pemerintah dapat membenahi sinkronisasi pengaturan anggaran di daerah nantinya.

Adapun Fraksi Partai Demokrat DPR RI, kata Vera, menyetujui rencana pengesahan RUU HKPD untuk dibahas di tingkat II. “Kami pun meminta pemerintah secepatnya membuat peraturan turunan dari HKPD ini. agar pelaksanaannya tidak terkendala dan tumpang tindih,” tegas legislator dapil Jawa Barat VII itu.

Sementara itu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) menyampaikan hal sebaliknya. F-PKS menolak hasil pembahasan RUU ini dan menyerahkan keputusan dalam Rapat Paripurna nanti. Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mewakili fraksinya, menilai RUU HKPD belum menjawab kesenjangan fiskal di daerah. Ia menyampaikan bahwa secara umum HKPD berpotensi mereduksi upaya desentralisasi.

Anis menegaskan harapan fraksinya bahwa penyusunan beleid baru ini harus meluruskan antara hubungan pusat dengan daerah yang telah berjalan sampai saat ini. “Harusnya mampu meyakinkan perbaikan kualitas kesejahteraan dan pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas legislator dapil DKI Jakarta I itu.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 November 2021 18:52
Kapal Mancing Ditumpangi Legislator Sulsel Kehabisan BBM di Tengah Laut, Pencarian Masih Dilakukan
Pedoman Rakyat, Makassar- Basarnas Sulsel menggerakkan KN Sar Kamajaya 104 untuk melakukan pencarian terhadap sebuah kapal pancing New Bira Fishing ya...
Nasional28 November 2021 18:08
Mentan Syahrul Bangun Kawasan Jagung Seluas 1.200 Ha di Kabupaten Gowa Sulsel
Pedoan Rakyat, Makassar – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membangun kawasan budiday...
Metro28 November 2021 17:44
Makin Tak Terkendali, Dalam Satu Malam 2 Asrama Mahasiswa di Makassar Dibakar, Tangan Satu Penghuni Putus
Pedoman Rakyat, Makassar- Asrama Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu (IPMIL) dan Asrama Kepmi Bone yang berada di Jalan Sungai Limboto, Kota Makassar, diser...
Politik28 November 2021 16:48
Temukan Rumah Warga tak Layak Huni hingga Atapnya Bocor, NasDem Lutra Langsung Datang-Beri Bantuan
Putri Dakka menyebut gerakan yang ia lakukan, tak lain sebagai wujud upaya bisa bermanfaat kepada orang lain. Utamanya bagi masyarakat yang tidak mamp...