Mudah Ditemukan, Makanan yang Cocok Dikonsumsi Usai Vaksin Covid-19

A. Zafran
A. Zafran

Minggu, 29 Agustus 2021 09:29

Mudah Ditemukan, Makanan yang Cocok Dikonsumsi Usai Vaksin Covid-19

Pedoman Rakyat, Jakarta – Sebagai salah satu cara untuk memutus mata rantai Covid-19, vaksinasi terus digalakkan oleh pemerintah. Sampai saat ini, distribusi vaksin terus dilakukan untuk membangun kekebalan komunal atau yang disebut sebagai herd immunity.

Vaksinasi yang dilakukan sering kali menimbulkan efek samping ringan, seperti bekas suntikan yang sakit, lengan yang pegal, atau demam.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Namun, ternyata ada beberapa makanan yang ternyata dapat mengurangi efek samping tersebut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lalu, makanan apa yang baik dikonsumsi setelah vaksin?

Melansir dari Eating Well, dokter menganjurkan orang yang habis divaksin untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan mengonsumsi vitamin C.

Meskipun belum ada penelitian komrehensif tentang kaitan antara makanan dan efektivitas vaksin, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan memenuhi asupan vitamin C.

Vitamin C memang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja secara baik. Dengan demikian, peradangan yang terjadi dalam tubuh pun akan teratasi.

Para ahli juga menekankan untuk mengurangi makanan yang bisa menyebabkan peradangan ketika akan dan setelah mendapatkan vaksin. Adapun beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi adalah junk food, Daripada mengonsumsi makanan olahan, lebih baik mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, ikan, buah dan sayuran.

Beberapa rempah yang memiliki sifat antiinflamasi juga disarankan untuk dikonsumsi, salah satunya kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan bisa ditaburkan pada makanan.

Berbagai jenis ikan, seperti salmon, mackerel, sarden, teri, dan herring juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang merupakan antiinflamasi.

Dokter juga menganjurkan untuk mengonsumsi air yang banyak agar tetap terhidrasi, baik sebelum maupun seseudah vaksin. Di samping itu, seseorang yang akan menerima vaksin sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol sehari sebelum dan sesudah divaksin.

Sebab, alkohol menekan sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat dehidrasi. Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksinasi.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah21 September 2021 22:49
Kabar Baik Corona, Tak Ada Lagi Daerah Level 4 di Sulteng, Gubernur Rusdi Mastura: Tetap Disiplin Prokes
Pedoman Rakyat, Palu – Pengendalian Covid-19 di Sulteng menunjukkan tren baik dengan terkendalinya penularan. Atas kondisi itu, tak ada lagi kab...
Politik21 September 2021 22:34
Kesiapan NasDem Sigi Sulteng 2024 Lebih Matang
Pedoman Rakyat, Sigi – Kesiapan mesin Partai DPD NasDem Kabupaten Sigi, Sulteng, menatap Pemilu 2024 diyakini lebih matang dari sebelumnya. Itu ...
Hukum/Kriminal21 September 2021 21:00
Saat Pacaran Rekam Lagi Berhubungan Seks, Giliran Putus Video Disebar ke Medsos, Wanita Cantik di Makassar Lapor Polisi
Awalnya nggak mau, tapi karena dibujuk dipaksa akhirnya dia lakukan (rekam video), tapi tidak ada kesepakatan bahwa kita sama-sama merekam. Jadi itu i...
Metro21 September 2021 20:55
Harga Telur Anjlok di Sulsel, Syaharuddin Alrif Pimpin Langsung Rapat dan Carikan Solusi Para Pengusaha Ayam Potong-Petelur
Pedoman Rakyat, Makassar – Pengusaha ayam petelur dan ayam potong di Sulawesi Selatan, mengeluhkan kondisi usahanya yang mengalami kerugian akib...