Pemkab Pangkep Jadwalkan Pilkades Serentak

Nhico
Nhico

Minggu, 01 Agustus 2021 07:19

Pemkab Pangkep Jadwalkan Pilkades Serentak

Pedoman Rakyat, Pangkep –Meski suasana pandemi COVID-19, pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tetap dijadwalkan berlangsung tahun ini.

Hal itu dibeberkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pangkep, Abd Haris Has lewat acara Cerita Deceng yang dikutip dari akun youtube Pangkep TV, Rabu (28/7/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Tahun ini kita sudah punya jadwal untuk pelaksanaan (Pilkades-red), insya Allah atas dukungan semua masyarakat kita dan stakeholder, tahun ini kita akan laksanakan Pilkades yang sempat tertunda ini,” beber Abd Haris Has.

Dijelaskan juga, rencana Pilkades 2019 sebelumnya sempat tertunda lantaran ada Pemilu, kemudian tahun selanjutnya berlangsung Pilkada Pangkep. Lanjut Abd Haris, di masa pandemi ini, Pilkades dijadwalkan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Akhir tahun 2020 Menteri Dalam Negeri mengeluarkan instruksi atau surat Edaran terkait dengan penundaan (Pilkades) itu, dan dibuka kembali, tetapi harus dengan protokol kesehatan,” kata Kadis PMD Pangkep ini.

Soal mengantisipasi menyebarnya virus corona di Pilkades nantinya, ia mengatakan, pesta demokrasi ini bisa dilaksanakan lantaran Pemkab Pangkep telah memiliki Peraturan Bupati (Perbup) tentang Prokes.

“Terlepas dari wabah sekarang ini, sesungguhnya kalau kita berkaca dari pembicaraan masyarakat secara luas, bahwa Pilkada dapat dilaksanakan di masa pandemi, kenapa tidak Pilkades dilaksanakan pada kondisi yang sama (pandemi),” ujar dia.

Dikatakan juga, tahapan Pilkades serentak Pangkep dijadwalkan berlangsung pada Agustus hingga September 2021 mendatang.

“Kita rencanakan (Pilkades) pada awal Agustus ini, pentahapan awal, pembentukan panitia, dan insya Allah kalau itu berjalan lancar, kita akan selesai di 29 September,” kata dia.

 Komentar

Berita Terbaru
International06 Desember 2021 09:00
Sosok Yana Orfeeva, Model Diduga Selingkuhan Pangeran Arab, Uang Jajan Sehari Rp77 Juta
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pangeran dari Arab Saudi diduga berselingkuh dengan seorang model bernama Yana Orfeeva. Kini, nama Yana Orfeeva, men...
International06 Desember 2021 08:30
Amerika Serikat Marah Besar, Taliban Bunuh 100 Warga Eks Pasukan Afghanistan
Pedoman Rakyat, AS – Dilaporkan Taliban telah membunuh 100 warga yang juga merupakan eks pasukan Afghanistan. Dasar itu, Amerika Serikat sangat ...
Nasional06 Desember 2021 08:00
Budayawan Sujiwo Tejo Persilakan Para Menteri ke Semeru: Kecuali yang Satu Ini, Please Jangan ke Sana
Pedoman Rakyat, Jakarta – Meletusnya Gunung Semeru masih menjadi pembicaraan hangat masyarakat Indonesia. Tanggapan soal Gunung Semeru pun berag...
Metro06 Desember 2021 07:30
‘Camat-Lurah di Makassar Lapor Setiap 2 Jam’ Perintah Danny Pomanto Hadapi Cuaca Ekstrem
Danny menginstruksikan camat, lurah, dan seluruh OPD untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan angin kencang....