Pengelola Mall di Makassar Langgar Aturan, Bebaskan Pengunjung Masuk Tanpa Keterangan Vaksin

Jennaroka
Jennaroka

Senin, 30 Agustus 2021 19:23

Suasana di pintu masuk Trans Studio Mall di Makassar. Pengunjung dibiarkan masuk tanpa menunjukkan keterangan sudah vaksin.
Suasana di pintu masuk Trans Studio Mall di Makassar. Pengunjung dibiarkan masuk tanpa menunjukkan keterangan sudah vaksin.

Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar telah memberi kelonggaran bagi pelaku usaha seperi mall untuk kembali beroperasi. Tetapi dengan syarat pengunjung yang masuk harus menyertakan kartu vaksin.

Namun, selama empat hari buka, sejumlah mall di Kota Makassar belum memberlakukan aturan tersebut kepada pengunjungnya. Seperti Trans Studio Mall dan Panakkukang Mall.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Pengunjung dengan bebas mengakses pusat perbelanjaan pusat yang berlokasi di Jalan Pengayoman tersebut.

Sama halnya dengan yang terjadi di Mal Trans Studio yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga. Meski tanpak lengang, namun di lokasi tersebut juga sama sekali tidak terlihat petugas memeriksa kartu vaksin para pengunjung.

Para pengunjung yang masuk hanya dilakukan pemeriksaan dengan mengukur suhu tubuh menggunakan Thermometer Gun. “Untuk sementara tidak ada,” kata security di Trans Studio Mall, Senin (30/8/2021).

(Suasana di pintu masuk Mall Panakkukang Makassar. Pengunjung juga dibiarkan masuk tanpa menunjukkan keterangan sudah vaksin)

Diketahui, Pemkot Makassar mengeluarkan Surat Edaran Nomor :443.01/413/ S.Edar/Kesbangpol/VIII/2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Kota Makassar

Meski PPKM Level 4 di perpanjang hingga 6 September 2021, lewat edaran tersebut Pemkot Makassar memberikan beberapa kelonggaran. Termasuk mall dan Tempat Hiburan Malam (THM) diizinkan buka hingga pukul 20.00 Wita.

Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar Abdul Wahab Tahir mengatakan, Kebijakan tersebut adalah keseriusan Pemerintah Kota Makassar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Makassar.

“Tidak boleh kita mencurigai kebijakan pemerintah itu, dukung saja, karena mal itu tempat yang tertutup bukan tempat yang terbuka, pemeriksaan surat vaksin itu menandakan bahwa pemerintah betul-betul ingin memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” kata Wahab Tahir Senin (30/8/2021).

Legislator Partai Golkar ini kemudian berharap pihak pengelola mall yang belum mengikuti aturan tersebut dapat diberi edukasi agar bisa mendukung apa yang pemerintah telah tetapkan.

“Dalam persepktif kebijakan itu tidak boleh kita langsung menjatuhkan pinalti, ada yang namanya teguran, mengedukasi, jadi perspektifnya sekarang mengedukasi para pengelola Mal,” pungkasnya.

Penulis : Wawan

 Komentar

Berita Terbaru
Ekonomi21 September 2021 15:43
Pasca Dihantam Gelombang Kedua Covid-19, Begini Kondisi Ekonomi Terkini RI
Pedoman Rakyat, Jakarta – Diperkirakan hingga akhir tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Indonesia 3,5-4,3%. “Ekonomi Indonesia diperkirakan te...
Nasional21 September 2021 15:43
Anies Baswedan Berulang Kali Acungkan Jempol Saat Dipanggil KPK Terkait Kasus Lahan
Pedoman Rakyat, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). pada Selasa (21/9/2021). An...
Nasional21 September 2021 15:27
MUI Bela Napoleon Aniaya Muhammad Kece Karena Sudah Hina Islam, Denny Siregar: Malu Gua Sama MUI Kayak Gini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Pegiat media sosial Denny Siregar mengaku malu dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kasus penganiayaan t...
Hukum/Kriminal21 September 2021 14:39
Mengejek-ejek Polisi, Akhirnya Suara Tembakan Warnai Penangkapan 6 Pelaku Tawuran di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Tawuran antar pemuda kembali terjadi di perbatasan wilayah Kecamatan Tallo-Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Suls...