Pengobatan Gratis dan Donor Darah di Puskesmas Bantimurung, Terkumpul 30 Kantong Darah

Muh Saddam
Muh Saddam

Selasa, 30 Januari 2024 19:52

Pengobatan Gratis dan Donor Darah di Puskesmas Bantimurung, Terkumpul 30 Kantong Darah

Pedomanrakyat.com, Maros – UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama UPTD Puskesmas Bantimurung, menggelar Donor Darah serta Pengobatan Gratis, di Jalan Poros Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin ini berhasil mengumpulkan 30 kantong darah.

Diketahui, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mendorong pemerintah daerah secara aktif memfasilitasi pemenuhan kebutuhan darah, melalui kegiatan donor darah.

Bahkan ini dituangkan dalam Surat Edaran Nomor: 440/122/Dinkes yang dikeluarkan awal Januari ini.

“Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir, kami dapat 30 kantong, pendonor datang dari masyarakat umum, kepolisian dan pegawai pemerintah sendiri,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulsel, Astati Made Amin.

Astati menjelaskan, Dinas Kesehatan Sulsel sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh kabupaten kota dan elemen masyarakat, untuk selalu terlibat donor darah sukarela.

“Untuk itu, kami selalu melakukan gelaran donor darah, kita koordinasi dengan UTD RS atau PMI yang ada di kabupaten dan kota,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam banyak situasi medis, seperti kecelakaan serius, operasi besar, atau kondisi medis kronis, transfusi darah seringkali menjadi bagian penting dari perawatan pasien.

Namun, persediaan darah seringkali terbatas dan tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan.

Sehingga dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penyediaan ketersediaan darah yang dibutuhkan oleh masyarakat, pemerintah kembali memasifkan kegiatan donor darah.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik23 Februari 2024 06:41
NasDem, PKB, PKS Kompak Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Partai NasDem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan menyatakan sikap mendukung wacana hak angket yan...
Metro22 Februari 2024 21:58
Jokowi Apresiasi MNP, Sebut Pelabuhan Logistik Terbesar Kedua dan Terefisien
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo telah meresmikan proyek Makassar New Port (MNP), Jl Sultan Abdullah Raya, Makassar, Kamis, (22/02/2...
Metro22 Februari 2024 21:54
Jokowi Usul Pelabuhan Lama Jadi City Center Makassar, Danny: Kami Sangat Senang
Pedomanrakyat.com, MAKASSAR,- Presiden Joko Widodo mengusulkan agar pelabuhan lama Makassar, Soekarno Hatta menjadi pusat kota Makassar. Merespon hal ...
Hiburan22 Februari 2024 21:51
Vincent Rompies Harap Kasus Anaknya Diselesaikan Kekeluargaan
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Artis Vincent Rompies tengah berupaya untuk berkomunikasi dengan orang tua korban perundungan Binus School Serpong....