Presiden Dorong Penguatan Sinergi TNI-Polri

Nhico
Nhico

Selasa, 13 Juli 2021 23:20

Presiden Dorong Penguatan Sinergi TNI-Polri

Pedoman Rakyat,Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersinergi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sebagai alat negara di garda terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI dan Polri harus bersatu dan saling berkoordinasi satu sama lainnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“TNI dan Polri harus bersinergi, harus terus berkoordinasi, harus bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia,” kata Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara pada Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2021, di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Kepala Negara mengatakan, saat ini masih terjadi gesekan antara prajurit TNI dan anggota Polri. Hal itu, lanjutnya, tidak boleh lagi terjadi.

“Kadang kita masih mendengar berita mengenai gesekan yang terjadi antara prajurit TNI dan anggota Polri. Ke depan, hal ini sudah tidak boleh terjadi lagi, harus disudahi,” tegasnya.

Menurut Presiden Jokowi, dalam persaingan dunia yang semakin ketat, kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Bangsa Indonesia tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negeri.

“Keberagaman sosial dan budaya harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi. Seluruh komponen bangsa harus bersatu untuk menjadi Indonesia incorporated yang kokoh bersaing dalam kompetisi global,” ujarnya.

Presiden Jokowi secara khusus mengingatkan kepada seluruh organisasi pemerintahan dan kenegaraan agar bersinergi dan saling mendukung satu sama lainnya bagi kemajuan bangsa.

“Antara TNI dan Polri dengan komponen bangsa yang lain harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi, antara anggota dan institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat,” tegasnya.

Krisis akibat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, kata Presiden Jokowi, dapat memperkokoh kepedulian, kegotong-royongan, persatuan, dan kebersamaan serta mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja serta pengembangan teknologi dan industri-industri kita.

Presiden Jokowi berpesan kepada prajurit TNI dan anggota Polri untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan dan belajar dari krisis ini serta ikut serta memperkokoh kebersamaan berlandaskan Pancasila.

“Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Dan, melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme dan penuh rasa percaya diri,” katanya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro02 Agustus 2021 09:39
Innalillah, Mantan Sekretaris KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia
Innalillah, Mantan Ketua KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia...
Hukum/Kriminal02 Agustus 2021 09:26
Kasihan, Balita Hanyut Selama 3 Hari, Ditemukan Tewas Mengapung di Semak Belukar
Pedoman Rakyat, Banyuasin- Balita yang hanyut di perairan sungai di Desa Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditemukan, na...
Edukasi02 Agustus 2021 09:05
Masyarakat Wajib Tahu, Begini Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19 Menurut Dokter Reisa
Pedoman Rakyat, Jakarta- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, penggunaan masker ganda efektif mencegah percika...
Metro01 Agustus 2021 20:59
Wali Kota Danny Tinjau Lab PCR Makassar Recover di RSUD Daya, Mampu Deteksi 4 Varian Baru Covid -19
Pedoman Rakyat, Makassar- Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto melakukan peninjauan persiapan Laboratorium Makassar Recover, d...