Resmi, Perda Kode Etik dan Tata Beracara BK DPRD Sulsel Disahkan

Nhico
Nhico

Senin, 10 Januari 2022 16:04

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Pedoman Rakyat, Makassar – Dua Peraturan Daerah (Perda) DPRD Sulawesi Selatan resmi disahkan melalui rapat paripurna dewan, Senin (10/1/2021).

Pengesahan perda tentang Kode Etik DPRD Sulsel dan tata Beracara Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel, dilakukan melalui penandatanganan antara Gubernur dan Ketua DPRD Sulsel.

Ketua Pansus Kode Etik dan Tata Beracara BK DPRD Sulsel, Andi Muh. Irfan Ab mengharapakan, perda ini dapat menibgkatkan kinerja dan tanggung jawab anggota Dewan.

Legislator fraksi PAN DPRD Sulsel ini juga menyampaikan, terimakasih sebesar-sebesarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap lahirnya peraturan daerah ini.

“Pertama anggota Pansus yang begitu antusias mengikuti setiap pembahasan mulai awal hingga akhir pembahasan dan Kedua tenaga ahli kita yng telah memberi banyak masukan,” ujar Irfan saat membacakan laporan tadi.

Sebelumnya, pada rapat finalisasi beberapa waktu lalu, Ketua Pansus kode etik dan tata beracara DPRD Sulsel menyampaikan beberapa poin yang diatur dalam perda tersebut.

Salah satunya terkait dengan sanksi hingga pemecatan yang akan diberikan kepada anggota dewan Sulsel, apabila melakukan pelanggaran berat.

“Antara lain kalau ada teman-teman melanggar secara hukum pidana maka itu BK sudah bisa mengambil keputusan untuk memberhentikan,” kata Irfan

Menurut Irfan AB yang juga Ketua BK DPRD Sulsel ini, semua pelanggaran kode etik itu bukan selamanya merupakan pelanggaran hukum.

“Tapi semua pelanggaran hukum sudah masuk pelanggran kode etik,” tutupnya.

Penulis : Musa

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah31 Januari 2023 18:23
Aan Saputra Anak Anggota DPRD Wajo Pemukul Tukang Parkir Buat Vidio Klarifikasi, Akui Khilaf dan Minta Maaf
Pedomanrakyat.com, Wajo – Anak Anggota DPRD Kabupaten Wajo yang viral memukul dan menendang juru parkir didepan MR. DIY, membuatklarifikasi di a...
Nasional31 Januari 2023 17:54
Kerinduan Figur Seperti Anies Berimbas Banyaknya Politisi Gabung NasDem
Pedomanrakyat.com, Lombok – Fenomena maraknya kader partai politik yang akhirnya hijrah dan bergabung ke NasDem dinilai tak lepas dari langkah N...
Metro31 Januari 2023 17:49
Anggaran Pembangunan Fisik dan Alkes RS OJK di CPI Senilai Rp2 Triliun, Gubernur Sulsel: Melayani Pasien BPJS
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kementerian Kesehatan RI menargetkan pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar yang berlokasi di Kawasan CPI M...
Metro31 Januari 2023 17:41
Legislator Golkar Fahruddin Rangga Laksanakan Pengawasan APBD Sulsel di Desa Aeng Towa Takalar
Pedomanrakyat.com, Takalar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan, Fahruddin Rangga, melaksanakan kegiatan pengawasan pelaksanaan APBD Provinsi Sulsel....