Selamat! Mahasiswa Fakultas Hukum UMI Raih Medali Perunggu di Neira Competition 2024

Muh Saddam
Muh Saddam

Kamis, 06 Juni 2024 17:34

Tim Fakultas Hukum UMI Raih Medali Perunggu Tingkat Nasional
Tim Fakultas Hukum UMI Raih Medali Perunggu Tingkat Nasional

Pedomanrakyat.com, Makassar – Tim Fakultas Hukum (FH) Univeristas Muslim Indonesia atau UMI Makassar berhasil meraih medali perunggu atau juara 3 pada Neira Competition 2024.

Kompetisi ini sendiri diselenggarakan oleh Sentosa Foundation bersama Universitas Banda Neira (UBN), berlangsung kampus UBN Maluku Tengah, mulai 25 hingga 26 Mei 2024.

Tim FH UMI Makassar yang beranggotakan tiga orang mahasiswi yakni Sri Ayu Lestari, Nurdiana Rasyid dan Arini Ummulya Ilham. Meraih juara tiga pada subtema Hukum.

Dekan FH UMI Makassar Prof. Dr. Muhammad Rinaldy Bima, SH, MH mengatakan, Fakultas Hukum UMI sudah menerima secara resmi dan memberikan apresiasi terhadap mahasiswa dalam kegiatan apapun, termasuk kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini.

“Jadi kita sudah terima secara resmi, mereka memberikan kontribusi positif terhadap Fakultas Hukum UMI, semakin memberikan kontribusi terhadap perkembangan UMI secara umum dan Fakuktas Hukum secara khusus,” kata Prof Rinaldy, Kamis (6/6/2024)

Prof Rinaldy juga menuturkan, pihak Fakultas Hukum UMI tentunya memberikan apresiasi kepada mahasiswa dalam setiap kegiatan lomba apapun yang diikuti.

“Termasuk lomba karya tulis ilmiah, maka itu UMI senantiasa berikan fasilitas berupa anggaran biaya-biaya untuk keperluan-keperluan lomba,” bebernya.

Lanjutnya, adapun apresiasi yang diberikan diantarnya diberikan reward atau kemudahan-kemudahan ketika melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi.

“Termasuk apresiasi terhadap semua kegiatan lomba-lomba mahasiswa. Bahkan ada diangkat sebagai dosen, karena memenangi dan mengikut lomba secara nasional debat dan seterusnya,” terang Prof Rinaldy.

“Kemudian diberi peluang untuk jadi dosen di Fakultas Hukum UMI terus ada juga diberi reward umroh dan tentunya itu dari UMI,” sambungnya.

Wakil Dekan 3 FH UMI Muhammad Ya’rif Arifin, SH, MH menambahkan bahwa, Neira Competition ini diikuti oleh banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Fakultas Hukum UMI sendiri mengutus satu tim dan alhamdulillah kita meraih juara tiga dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional,” ungkap Ya’rif.

Olehnya itu kata Ya’rif, sebagai bentuk sopport terhadap mahasiswa yang mengikuti lomba, Fakultas Hukum UMI menyiapkan dosen untuk membimbin dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi lomba.

“Jadi ada pendamping dari dosen dan itu ditugaskan langsung dari pimpinan fakultas untuk memberikan arahan-arahan untuk mendampingi dan memberikan masukan bagaimana mahasiswa menyiapkan dirinya untuk lomba tersebut,” jelasnya.

Bentuk pendampinganya sesuai kebutuhan mahasiswa, khusus di perlombaan karya tulis ilmiah ini, pihaknya persiapkan mahasiswa sekitar 2 bulan.

“Jadi bapak Rizki Ramadani (salah satu dosen Fakultas Hukum) kita tugaskan untuk memberikan pendampingan khusus untuk mengikuti kegiatan dengan baik,” papar Ya’rif.

Tim Fakultas Hukum UMI Raih Medali Perunggu Tingkat Nasional.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Nurdiana Rasyid mengungkapka bahwa, Neira Competition ini merupakan lomba karya tulis ilmiah nasional yang diakan oleh sentosa fondation bekerjasama dengan UBN

Dimana kata Nurdiana, sebelum masuk tahap final atau presentasi yang berlangsung di Universita Banda Neira itu ada seleksi paper atau seleksi karya tulis ilmiah.

“Ada ratusan universitas yang masuk papernya, tapi hanya 15 tim lolos di subtema. Ada subtema Hukum, Subtema Kesehatan, Parawisata dan dua subtema lainnya,” kata Nurdiana.

Dimana kata dia, tim FH UMI sendiri berhasil masuk ke final yaitu sesi presentasi langsung yang diadakan di UBN, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Melawan 15 Tim.

“Berhasil mendapatkan Bronze medal atau juara 3 sebagai paper tebaik dibidang hukum,” kuncinya.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik21 Juni 2024 17:13
Andi Irwan Hamid Rela Jalan Kaki Temui dan Dengar Langsung Harapan Masyarakat Pinrang
Pedomanrakyat.com, Makassar – Calon Bupati Kabupaten Pinrang Andi Irwan Hamid kembali bertemu dan menyapa masyarakat Pinrang di dua Kelurahan. K...
Metro21 Juni 2024 16:59
APT Gelar Pengawasan di SMAN 20 Makassar, Warga Pertanyakan Status Lahan Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Andre Prasetyo Tanta (APT) menggelar pengawasan pelaksanaan APBD Sulsel. Pada titik ...
Ekonomi20 Juni 2024 22:56
Kolaborasi Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Makassar Wujudkan Makassar Penyangga IKN
Pedomanrakyat.com, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pojok Literasi 2024 bertajuk “Sudah Sejauh Man...
Metro20 Juni 2024 22:53
PJ Sekda Makassar Resmi Buka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ajak Masyarakat Jaga Bumi
Pedomanrakyat.com, Makassar – PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengajak masyarakat agar terus menjaga bumi dan lingkungan alam sekitar....