Tempur Lawan ISIS, Helikopter Militer Irak Jatuh dan 5 Orang Tewas

Nhico
Nhico

Jumat, 30 Juli 2021 08:23

Tempur Lawan ISIS, Helikopter Militer Irak Jatuh dan 5 Orang Tewas

Pedoman Rakyat – Tercatat ada lima orang tewas akibat kecelakaan helikopter militer Irak yang jatuh saat kru sedang menjalankan misi tempur melawan ISIS pada Kamis (29/7/2021).

Militer Irak menyatakan bahwa helikopter itu jatuh di dekat daerah Amerli di Provinsi Salaheddin, di mana tentara Irak sedang melancarkan operasi melawan sel tidur kelompok ISIS.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Dari keterangan militer, helikopter itu jatuh dan langsung terbakar. Cuplikan video yang dikirimkan ke jurnalis di Baghdad menunjukkan petugas pemadam kebakaran mencoba menghentikan api di dalam helikopter.

Seorang sumber keamanan mengatakan kepada AFP seperti dikutip CNNIndonesia, helikopter tersebut merupakan satu dari dua armada yang dikerahkan untuk memeriksa tiang saluran listrik tegangan tinggi di daerah tersebut.

Merujuk pada pengalaman militer, militan ISIS kerap menggunakan tiang-riang tersebut sebagai tempat persembunyian.

Ketika kedua helikopter itu mendekat, salah satu dari antaranya “terkena ledakan” yang membuatnya jatuh.

ISIS sendiri sebenarnya sudah kehilangan sebagian besar daerah kekuasaannya di Irak sejak 2017 lalu, setelah berperang habis-habisan selama tiga tahun untuk mendirikan kekhalifahan di perbatasan Suriah.

Namun saat ini, masih ada beberapa sel tidur ISIS di daerah gurun dan pegunungan. Dari sana, sel tidur ISIS itu masih kerap melancarkan serangan ke kota-kota Irak.

 Komentar

Berita Terbaru
Ekonomi22 September 2021 15:02
Wapres Ma’ruf Amin: Indonesia Pemain Utama Keuangan Syariah Dunia
Pedoman Rakyat, Makassar – Sektor industri produk halal terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional selama pandemi Covid-19. Potens...
International22 September 2021 14:09
Pasca Gempa Australia, Begini Kondisi 17.500 WNI di Melbourne
Pedoman Rakyat, Australia – Gempa berkekuatan Magnitudo 6.0 telah mengguncang Melbourne, Australia, Rabu (22/09/2021) pagi waktu setempat. Saat...
Nasional22 September 2021 13:31
Petani dan Pedagang Jagung Pertanyakan Peranan Kemendag
Pedoman Rakyat, Jakarta – Sejumlah pedagang jagung mengaku keberatan dengan stetment Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi yang mengataka...
Hukum/Kriminal22 September 2021 13:03
Sadis, Seorang Ustadz jadi Korban Begal dan Dibacok Bagian Pinggang
Pedoman Rakyat, Bekasi – Seorang ustadz di Bekasi bernama RM Jamiluddin menjadi korban begal dan dibacok dibagian pinggang. Pada Selasa (21/09/2...