Tips Mengatasi Rem Blong Tanpa Panik

Editor
Editor

Kamis, 10 September 2020 15:01

Tips Mengatasi Rem Blong Tanpa Panik

Pedoman Rakyat, Jakarta – Warga berkewajiban memahami cara antisipasi skenario seperti bila rem blong saat turunan curam.

Rem adalah komponen krusial pada motor yang mesti selalu diperhatikan kesehatannya. Masalah rem blong di jalanan bisa disebabkan faktor eksternal, namun memastikan kondisinya prima sebelum berkendara bisa mencegah kejadian fatal saat berkendara.

Rem blong bisa diartikan situasi ketika sistem pengereman kendaraan tidak bekerja maksimal. Hal ini tentu menakutkan, apalagi jika terjadi di turunan curam saat gravitasi bisa menambah kecepatan laju motor.

Praktisi keselamatan berkendara dari Training Director Jakarta Defensive Jusri Pulubuhu menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan kala rem motor mendadak blong yakni jangan panik.

Kemudian antisipasi pertama yaitu melakukan proses engine brake atau melakukan perlambatan laju sepeda motor menggunakan mesin. Pada motor transmisi manual ini bisa dilakukan dengan menurunkan posisi gigi ke rendah secara bertahap.

“Tapi jangan buat masalah baru yaitu engine brake ekstrem langsung turunin ke paling rendah yang malah membuat roda terkunci yang jadinya berpotensi slip,” kata Jusri dilansir CNNIndonesia.

Proses engine brake mesti dilakukan secara halus, menyesuaikan kecepatan, serta terus menjaga konsentrasi.

Pada motor matic, Jusri mengatakan pengendara juga bisa melakukan engine brake. Caranya yakni dengan menutup putaran gas.

“Matic itu juga ada engine brake saat gas kita tutup. Tapi engine brake-nya baru ada saat gas ditutup bener-bener, jadi harus ditahan. Karena kalau tidak saat jalan turunan matic itu yang ada malah loss. Kalau tidak salah matic itu rpm 2.200 – 2.400 akan dapat engine brake,” ucap Jusri.

Jika engine brake tidak optimal, pengendara disarankan mencari jalan menanjak untuk mengurangi kecepatan. Selain itu pengendara juga dapat mengarahkan motor ke objek ‘aman’ demi meredam benturan dan menghindari risiko bagi orang lain.

“Tapi sekali lagi yang safety tetap saat keluar rumah motor itu harus sehat dan kita dalam berkendara tentu harus punya keahlian. Soalnya kalau bicara soal penyelamatan saat rem blong ya kita tentu harus latihan,” kata Jusri. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 20:53
Rekomendasi Rakorda, 23 DPC Demokrat Sepakati Ni’matullah Calon Gubernur Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hot...
Nasional17 April 2024 17:38
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara Sumsel
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Sel...
Nasional17 April 2024 17:31
Gunung Ruang Sulut Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Pedomanrakyat.com, Sulut – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang, Kabupat...
Metro17 April 2024 17:19
Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan
Pedomanrakyat.com, GOWA,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima TNI Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 K...