UPDATE Pencarian Sriwijaya Air, FDR Kotak Hitam Ditemukan dan 139 Kantong Jenazah Dievakuasi

Editor
Editor

Rabu, 13 Januari 2021 09:52

Proses pencarian Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu.
Proses pencarian Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu.

Pedoman Rakyat, Jakarta – Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) terus dilakukan.

Ttim SAR terus mengevakuasi temuan-temuan baru. Temuan itu berupa bagian tubuh korban, serpihan pesawat ukuran besar dan kecil, serta bagian dari kotak hitam, yakni flight data recorder (FDR).

Kotak hitam itu tampak dibawa oleh kapal sea rider milik Kopaskal. Kabar itu dibenarkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hadi mengungkapkan, TNI Angkatan Laut berhasil menemukan flight data recorder (FDR) dari Sriwijaya Air SJ 182 pada Selasa pukul 14.00 WIB. “Hari ini tepat jam 14.00, KSAL sampaikan informasi kepada saya bahwa sesuai dengan perkiraaan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari FDR,” ujar Hadi.

Hadi kemudian meminta jajarannya untuk mencari bagian lainnya hingga akhirnya FDR ditemukan secara utuh pada pukul 16.00 WIB. FDR merupakan bagain dari kotak hitam atau black box yang menjadi kunci untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat rute Cengkareng-Pontianak itu. FDR mencatat segala macam informasi terkait teknis pesawat sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu. FDR kemudian tiba di JICT II pukul 18.00 WIB. FDR yang berbentuk kotak dengan warna merah itu ditempatkan di sebuah kotak khusus untuk melindungi data dari kerusakan. Kotak itu kemudian dibawa oleh sejumlah penyelam dan petugas lain ke area tengah JICT II untuk diserahkan kepada tim Basarnas kemudian KNKT untuk diperiksa lebih lanjut.

Pada Selasa malam, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengungkapkan penambahan temuan yang diterima Tim SAR pada hari keempat pencarian.

Bagus mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi 65 kantong jenazah korban Sriwijaya Air yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Dengan demikian, total kantong jenazah yang dievakuasi hingga hari keempat pencarian sebanyak 139 kantong. “Hari ini kami mendapatkan 65 kantong jenazah. Total menjadi 139 kantong jenazah yang sudah kami temukan,” kata Bagus dalam jumpa pers di JICT II, Selasa malam.

Sementara itu, untuk temuan serpihan pesawat kecil bertambah 10 kantong menjadi 26, dan serpihan pesawat besar bertambah dua sehingga total menjadi 26 kantong. (dir)

 Komentar

Berita Terbaru
Herman Heizer Plt Ketua Golkar Pare-pare
Politik25 Januari 2021 00:28
Herman Heizer Plt Ketua Golkar Pare-pare
Setelah Herman Heizer tak menjabat sebagai Ketua HIPMI di Sulsel, kini ia fokus berpartai di Golkar. ...
Dicurhati Petani, Rusdi Masse Salurkan Bantuan Alsintan di Sidrap Sulsel
Daerah24 Januari 2021 23:22
Dicurhati Petani, Rusdi Masse Salurkan Bantuan Alsintan di Sidrap Sulsel
Di depan para petani, RMS begitu akronimnya mengaku ikut merasakan masalah utama yakni banyak petani merugi karena gagal panen. ...
11 Pekerja Selamat Setelah Dua Minggu Terperangkap di Reruntuhan Tambang
International24 Januari 2021 22:34
11 Pekerja Selamat Setelah Dua Minggu Terperangkap di Reruntuhan Tambang
Pedoman Rakyat, Qixia – Sebelas pekerja yang terperangkap selama dua minggu di dalam tambang emas China akhirnya berhasil diselamatkan, Minggu (...
Minum Ramuan Penangkal Corona Buatan Dukun, Menkes Ini Positif Covid
International24 Januari 2021 21:55
Minum Ramuan Penangkal Corona Buatan Dukun, Menkes Ini Positif Covid
Pedoman Rakyat, Colombo – Menteri Kesehatan Sri Lanka, Pavithra Wanniarachchi yang menghadapi kritik karena mengonsumsi dan mendukung sirup herb...