10 Tempat Wisata di Sulsel yang Menarik Dikunjungi, Penuh Panorama Alam

A. Zafran
A. Zafran

Sabtu, 09 Oktober 2021 08:02

10 Tempat Wisata di Sulsel yang Menarik Dikunjungi, Penuh Panorama Alam

Pedoman Rakyat, Makassar – Tempat Wisata di Sulsel, Liburan merupakan waktu yang selalu dinantikan setiap orang, karena liburan adalah saat di mana kita menikmati waktu bersama keluarga dan melepaskan penat pada aktivitas kita sehari-hari, mulai dari aktivitas kantor, aktivitas sekolah, maupun aktivitas yang membuat kita sibuk selama ini.

Sulawesi-Selatan memiliki banyak sekali tempat wisata menarik dan memukau yang bisa dikunjungi pada waktu liburan. Para Wisatawan cukup banyak mengunjungi tempat wisata Sulsel.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Berikut adalah daftar tempat wisata di Sulsel yang wajib untuk dikunjungi.

1.Pantai Losari

Pantai Losari merupakan tempat wisata yang berada di kota Makassar. Tempat Wisata ini adalah ikon kota Makassar. Selain memiliki keindahannya yang memukau, juga memiliki perbedaan dengan pantai-pantai pada umumnya. Kalian tidak akan menemukan pasir pada Pantai Losari ini, melainkan beton di tepi pantainya seperti pada pantai umumnya.

Meskipun tidak ada pasir yang dijadikan sebagai tempat bersantai dan bermain tapi pantai ini memiliki aktivitas yang tak kalah menyenangkan, ada aktivitas air banana boat atau bersepeda air, lalu bisa juga memancing, berlayar, menikmati matahri terbenam, menikmati jajanan kuliner dan masih banyak lagi.

2. Taman Laut Taka Bonerate

Taman laut Taka Bonerate merupakan salah stu destinasi wisata unggulan di Sulsel, Terletak di kawasan Kepulauan Selayar, taman laut ini menjadi surga bagi para pecinta wisata dalam air yang ingin menikmati indahnya pemandangan di bawah laut dan dijamin sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi snorkeling.

Panorama kehidupan yang ada dalam laut dapat anda nikmati disini. Tarif untuk menikmati taman laut ini untuk wisatawan domestik adalah Rp. 25.000 dan untuk wisatawan asing Rp. 60.000. Anda juga bisa menyewa perlengkapan menyelam dengan harga yang terjangkau Rp. 250.000/orang. Jadi Anda tidak harus repot-repot membawa perlengkapan menyelam dari rumah Anda bukan?

3. Hutan Pinus Malino

Tempat ini menyajikan keindahan pemandangan alam pegunungan dan dataran tinggi yang sejuk. Untuk menuju ke lokasi, dapat menggunakan kendaraan bermotor. Menuju ke kawasan wisata malino memakan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari kota Makassar. Hutan pinus dan keindahan batu kapur menghiasi selama perjalanan menuju lokasi.

Wisata ini terkenal semenjak zaman Belanda, selain menyediakan panorama pegunungan, tempat ini juga menyediakan keindahan air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain itu Malino juga memberikan wisata sejarah berupa bunker peninggalan Jepang.

4. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira adalah pantai pasir putih halus dan bersih dengan air lautnya yang jernih dan sangat terkenal sebagai tempat wisata di Sulsel. Para wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dan keindahan pulau yang ada dekat di depan pantai ini, yaitu pulau Liukang Loe dan pulau Kambing yang tidak berpenghuni. Pantai Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba dan berjarak sekitar 200 km dari pusat kota Makassar atau kurang lebih 40 km dari Kabupaten Bulukumba. Tempat wisata ini memiliki fasilitas tempat parkir yang memadai, penginapan berupa hotel dan villa, bungalow, dan juga restaurant.

5. Taman Nasional Bantimurung

Taman nasional Bantimurung berada di Kabupaten Maros atau sekitar 45 km dari pusat kota Makassar, dan tempat ini terkenal dengan kerajaan kupu-kupu karena terdapat spesies kupu-kupu kurang lebih sebanyak 250 jenis, sehingga kupu-kupu dijadikan sebagai ikon di tempat wisata ini.

Tempat wisata di Sulsel ini tidak hanya menyajikan panorama keindahan alam saja, Tetapi tempat ini juga memberikan pengetahuan kepada Anda. Taman nasional dengan luas 43.750 Ha ini tidak hanya memberikan keindahan pada kupu-kupunya saja tetapi juga memberikan keindahan alam dengan bukit kapur, air terjun dan gua yang tidak kalah indahnya.

6. Museum Balla Lompoa

Tempat wisata di Sulsel yang berikutnya adalah Museum Balla Lompoa. Museum ini adalah rekonstruksi dari istana kerajaan Gowa yang dibangun oleh Raja Gowa Ke-31 di tahun 1936. Bagunan ini membentuk rumah khas Bugis.

Bangunan ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama dengan luas 60 x 40 meter yang di dalamnya terdapat kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda bersejarah dan ruang kerajaan yang masing-masing memiliki luas 6 x 5 meter, dan bagian kedua yaitu ruang teras seluas 60 x 4,5 meter.

Berlibur ke tempat bersejarah tidak ada salahnya bukan? Maka dari itu tempat ini menjadi pilihan dari tempat wisata di yang ada di Sulsel.

7. Wisata Bahari di Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe ini memiliki daya tarik tersendiri yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata di Sulsel yang harus dikunjungi adalah keindahan alam dari pegunungan dan keasrian dari baharinya. Pemandangan pantai dengan pasir putih yang mengelilingi pinggiran pulau ini. Menjadi nilai tersendiri dan di pulau ini terdapat sumber air tawar.

8. Pulau Dutungan

Pulau dutungan memiliki luas kira-kira 9 Ha yang memiliki hamparan pasir putih di luarnya. Pemandangan laut biru yang mengelilingi tempat ini akan membuat Anda merasa sangat betah untuk tetap berada di tempat ini. Lokasi tempat ini adalah di Desa Cilelang kurang lebih 48 km dari Kota Baru.

9. Pulau Kopoposang

Pulau Kopoposang adalah salah satu gugusan kepulauan Spermonde, pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang indah dan memiliki banyak makhluk hidup dalam laut yang sangat menarik. Speed boat dapat menjangkau tempat wisata ini, berjarak kurang lebih 90 menit ke arah barat laut dari bibir pantai Makassar.

10. Ke’te Kesu Toraja

Tempat wisata di Sulsel yang terakhir adalah Ke’te Kesu. Tempat ini terletak kurang lebih 4 km dari sebelah tenggara Rantepao. Ke’te Kesu merupakan tempat yang berisikan perkampungan, ukiran dan juga kuburan atau bisa disebut sebagai pusat kegiatan. Rumah adat yang bernama Tongkonan berjejer disini. yang bisa dibilang sebagai objek yang mempesona di Ke’te Kesu ini.

Selain adanya Tongkonan, di tempat ini juga ada lumbung padi dan bangunan lain di sekitarnya. Kurang lebih 100 m di belakang perkampungan ini ada situs kuburan tebing dengan kuburan bergantung dan dalam bangunan batu yang diberi pagar dan ternyata ini memperlihatkan bagaimana penampilan keseharian pemiliknya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro22 Oktober 2021 10:35
Bongkar Kasus Sabu 2 Kg di Makassar, Berikut Daftar Polisi yang Terima Penghargaan dari Danny Pomanto
Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memberikan apresiasi ata...
Daerah22 Oktober 2021 10:21
Guru SMA Cabuli Siswa di Hotel, Ternyata Begini Modus Pelaku
Pedoman Rakyat, Medan – Tega, seorang guru SMA cabuli siwanya sendiri di hotel. Guru ini merupakan guru di bidang komputer, berinisial PG (49...
Hukum/Kriminal22 Oktober 2021 09:50
Siswi SMK Ditemukan Tewas Gantung Diri di Terali Jendela
Pedoman Rakyat, Makassar – SPA (16), siswi salah satu SMK di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, ditemukan meninggal dunia dengan posisi gantung d...
Metro22 Oktober 2021 09:28
Wawali Fatmawati Rusdi Tegaskan Lurah Camat Perkuat Penanganan Covid, Harapkan Semua Bekerja Maksimal
Pedoman Rakyat, Makassar – Kota Makassar yang telah turun level dari level empat ke level dua bukan berarti bisa bebas melakukan apa saja. Masih...