AS Mau Kirim Peluru Uranium ke Ukraina: Tidak Manusiawi!

Nhico
Nhico

Kamis, 07 September 2023 11:48

AS Mau Kirim Peluru Uranium ke Ukraina: Tidak Manusiawi!

Pedomanarkyat.com, Rusia Pemerintah Amerika Serikat akan mengirimkan amunisi tank yang mengandung uranium terdeplesi ke Ukraina.

Kedutaan Rusia di Washington, as mengecam hal itu dan menyebutnya sebagai “tanda jelas ketidakmanusiawian”.

Peluru uranium kontroversial tersebut merupakan bagian dari bantuan militer dan kemanusiaan senilai lebih dari $1 miliar untuk Ukraina, yang diumumkan oleh Amerika Serikat pada Rabu (6/9) waktu setempat.

Peluru 120 milimeter tersebut ditujukan untuk tank M1 Abrams, yang diperkirakan akan dikirim ke Ukraina sebelum akhir tahun 2023.

Keputusan as tersebut “adalah tanda jelas ketidakmanusiawian”, kata kedutaan Rusia di Telegram, dikutip kantor berita AFP, Kamis (7/9/2023).

“Washington, yang terobsesi dengan gagasan untuk memberikan ‘kekalahan strategis’ pada Rusia, siap berperang tidak hanya sampai warga Ukraina yang terakhir namun juga mengakhiri generasi mendatang,” imbuhnya.

Amunisi yang mengandung uranium terdeplesi masih menjadi kontroversi karena kaitannya dengan masalah kesehatan seperti kanker dan cacat lahir di wilayah, di mana amunisi tersebut digunakan dalam konflik di masa lalu. Meskipun amunisi tersebut belum terbukti secara pasti menyebabkan masalah tersebut.

 

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional12 Juni 2024 21:52
Gelar PSU Usai Putusan MK, KPU Rekrut KPPS Lagi
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan bakal kembali membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ...
Ekonomi12 Juni 2024 20:50
Capai Usia ke 21 tahun, Kalla Translog Prioritaskan Funtastic Four
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Transport & Logistics (Translog) mengadakan acara syukuran, pengajian dan donor darah dalam rangka mempe...
International12 Juni 2024 19:52
Duh! Lukisan Raja Charles III Dirusak, Serangan Aktivis Pecinta Hewan
Pedomanrakyat.com, Inggris – Dunia seni lagi heboh dengan isu vandalisme terhadap lukisan-lukisan di berbagai museum. Baru-baru ini, lukisan pot...
Ekonomi12 Juni 2024 19:32
Tok! Seleksi CPNS Bakal Dibuka Juli
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) termasuk CPNS dan PPPK 2024 diprediksi mundur dari target penyelenggaraa...