Bakhmut Genting, Menhan Rusia Turun Tangan Inspeksi Garis Depan Ukraina Timur

Nhico
Nhico

Senin, 06 Maret 2023 10:46

Bakhmut Genting, Menhan Rusia Turun Tangan Inspeksi Garis Depan Ukraina Timur

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu melakukan inspeksi pasukan di garis depan di Ukraina timur.

Inspeksi ini dilakukan seiring pertempuran tengah berkecamuk di sekitar kota Bakhmut, Ukraina timur.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/3/2023), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Shoigu telah “memeriksa pos komando di garis depan”, tanpa menyebutkan waktu ataupun tempat persisnya.

Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menunjukkan Shoigu bepergian dengan helikopter, kemudian berbicara dengan seorang tentara di depan bangunan yang rusak.

Dia juga terlihat mempersembahkan medali kepada tentara-tentara Rusia.

Rusia bertekad untuk merebut kota Bakhmut sebagai bagian dari tujuan yang lebih luas untuk merebut seluruh wilayah Donetsk. Kota tersebut kini hancur akibat pertempuran ganas yang terjadi.

Pasukan Ukraina dan Rusia telah melaporkan banyak korban dalam perjuangan untuk menguasai kota tersebut, yang kepentingan simbolisnya melebihi signifikansi militernya.

Pada hari Jumat (3/3), Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner mengatakan pasukannya saat ini telah “secara praktis mengepung” Bakhmut. Kota itu telah mengalami beberapa pertempuran paling sengit selama invasi Rusia ke Ukraina.

Yevgeny Prigozhin mengatakan dalam sebuah video yang dirilis di Telegram pada Jumat bahwa kini “hanya satu jalan lagi” yang harus direbut.

Pria berusia 61 tahun itu telah mengatakan dalam beberapa pekan terakhir, bahwa para petempurnya telah merebut tiga desa di utara Bakhmut timur – Yagidne, Berkhivka dan Paraskoviivka.

Otoritas Ukraina telah mengatakan akan mempertahankan “benteng Bakhmut” selama mungkin, tetapi minggu ini para pejabat mengatakan situasinya sulit.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik17 April 2024 20:53
Rekomendasi Rakorda, 23 DPC Demokrat Sepakati Ni’matullah Calon Gubernur Sulsel
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hot...
Nasional17 April 2024 17:38
Banjir Bandang Terjang Musi Rawas Utara Sumsel
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dua orang warga di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Sel...
Nasional17 April 2024 17:31
Gunung Ruang Sulut Meletus, 828 Warga Dievakuasi
Pedomanrakyat.com, Sulut – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 828 warga dievakuasi imbas Gunung Api Ruang, Kabupat...
Metro17 April 2024 17:19
Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan
Pedomanrakyat.com, GOWA,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri upacara serah terima jabatan Panglima TNI Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 K...