Bantahan Mensos Risma Usai Bupati Alor NTT Marah Soal Bantuan Sosial

A. Zafran
A. Zafran

Rabu, 02 Juni 2021 19:15

Mensos Tri Rismaharini-Bupati Alor Amon Djobo
Mensos Tri Rismaharini-Bupati Alor Amon Djobo

Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini membantah tudingan Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur Amon Djobo yang marah soal bantuan Progam Keluarga Harapan (PKH) dalam sebuah video viral.

Risma menegaskan, bantuan sosial yang membuat Amon memarahi 2 pegawai Kementerian Sosial (Kemensos) bukan PKH, tapi bantuan pascabencana di Alor beberapa waktu lalu.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Saya jelaskan ya, jadi sebetulnya itu bantuan bukan PKH, tapi bantuan untuk bencana,” jelas Risma di Bandung, pada Rabu (2/6/2021).

Sebagai informasi, dalam video viral berdurasi 3 menit 9 detik terlihat, Bupati Alor, Amon Djobo menyindir dirinya soal program keluarga harapan (PKH) dan memarahi staf Kementerian Sosial (Kemensos).

Tampak Amon duduk sambil memarahi dua petugas Kemensos yang berada di samping kirinya. Amon mengatakan seharusnya pembagian bantuan PKH harus melewati pemda dan bukan dibagikan oleh legislatif atau DPRD setempat.

Kembali ke Risma, pengiriman bantuan untuk korban bencana tersebut kala itu terputus. Sebab, bantuan tersebut secepatnya sampai ke tengah masyarakat.

Menteri yang berasal dari PDIP itu, mengaku telah berusaha menghubungi berbagai pihak di Alor untuk bisa masuk dan menyalurkan bantuan, namun tak berhasil karena jaringan seluler terputus akibat bencana.

Akhirnya, kata Risma, dia bisa menghubungi Ketua DPRD Alor, Enny Anggrek.

“Saya hubungi, bagaimana kondisi di sana karena hampir seluruh NTT kena. Saya hubungi kepala dinas, staf saya nggak ada yang bisa karena memang saat itu jaringan terputus. Saya tanya siapa yang bisa saya hubungi saat itu, kemudian ada ketua DPRD (Enny) menyampaikan kami butuh bantuan, tapi tidak bisa (masuk),” sambung Risma.

Sindir Mensos Risma

Seperti diketahui, viral di media sosial video Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Amon Djobo memarahi pegawai Kementerian Sosial (Kemensos). Tak hanya itu, dalam video viral, Amon menyindir Mensos Tri Rismaharini soal bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Jangan pakai politik yang seperti itu, dia (Risma) tidak tahu proses bantuan pola penanganan, teknis penanganan bantuan ini sampai di bawah. Mulutnya lebih cepat dari pikiran, pejabat apa model begitu, Menteri model apa model begitu,” kata Amon dalam video tersebut.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal15 Juni 2021 20:31
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang
Sakit Hati, Karyawan Indomaret di Makassar Bakar Toko dan Curi Uang...
Metro15 Juni 2021 19:25
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar
Disdik Makassar Jamin PPDB Online 2021 Lancar...
Nasional15 Juni 2021 18:30
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen
BPS: Ekspor Pertanian Januari-Mei 2021 Naik 13,39 Persen ...
Ekonomi15 Juni 2021 17:04
Permintaan Luhut: Kita Jangan Marah-marah Terus Sama China
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar jangan terus marah-marah soa...