Bebas, 8 Nelayan RI Dipulangkan usai Jalani Vonis 6 Bulan Penjara di Malaysia

Nhico
Nhico

Sabtu, 25 Desember 2021 17:51

Ilustrasi nelayan.(F-Int)
Ilustrasi nelayan.(F-Int)

Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan delapan nelayan dari Indonesia yang ditangkap oleh pemerintah Malaysia pada Mei lalu berhasil dipulangkan, Sabtu (19/12).

Kesembilan nelayan tersebut ditahan karena melanggar ketentuan keimigrasian dan menjalani proses sidang pada 16 November 2021.

Enam nelayan di antaranya berasal dari Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mereka ditangkap oleh otoritas Malaysia pada 5 Mei 2021 di sekitar Perairan Pulau Kendi, Malaysia.

“Keenamnya divonis 6 bulan penjara, namun berdasarkan perhitungan masa penahanan sejak mereka ditangkap, maka Hakim memutuskan keenam nelayan tersebut telah selesai menjalani masa hukuman, dan selanjutnya dapat dipulangkan ke Indonesia,” terang Direktur Penanganan Pelanggaran KKP Teuku Elvitrasyah melalui keterangan tertulis, Jumat (24/12).

Keenam nelayan itu dipulangkan melalui Pelabuhan Penyeberangan Internasional Batam Centre.

“Saat ini keenam nelayan yang diketahui bernama Iwan, Muhammad Puad, Herma, Taufik Hidayat, Ibnu Arfan dan Ervan tersebut telah dibawa ke Rumah Susun Tanjung Uncang untuk dilaksanakan proses karantina terlebih dahulu,” ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksda TNI Adin Nurawaluddin.

Sementara, dua orang nelayan yang juga berasal dari Langkat, Sumatera Utara bernama Jefri bin Hasan dan Misnan bin Daud juga dipulangkan pada pada Kamis (16/12) melalui Bandara Soekarno-Hatta dan saat ini sedang menjalani proses karantina di Wisma Atlet Jakarta.

“Sesuai dengan prosedur pencegahan Covid-19, akan dilakukan karantina sebelum kami pulangkan ke lokasi asal,” ujar Adin.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional31 Januari 2023 17:54
Kerinduan Figur Seperti Anies Berimbas Banyaknya Politisi Gabung NasDem
Pedomanrakyat.com, Lombok – Fenomena maraknya kader partai politik yang akhirnya hijrah dan bergabung ke NasDem dinilai tak lepas dari langkah N...
Metro31 Januari 2023 17:49
Anggaran Pembangunan Fisik dan Alkes RS OJK di CPI Senilai Rp2 Triliun, Gubernur Sulsel: Melayani Pasien BPJS
Pedomanrakyat.com, Makassar – Kementerian Kesehatan RI menargetkan pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar yang berlokasi di Kawasan CPI M...
Metro31 Januari 2023 17:41
Legislator Golkar Fahruddin Rangga Laksanakan Pengawasan APBD Sulsel di Desa Aeng Towa Takalar
Pedomanrakyat.com, Takalar – Anggota DPRD Sulawesi Selatan, Fahruddin Rangga, melaksanakan kegiatan pengawasan pelaksanaan APBD Provinsi Sulsel....
Daerah31 Januari 2023 15:10
Kelakuan Tak Terpuji Anak Anggota DPRD Wajo, Pukul-Tendang Tukang Parkir hingga Terpental
Pedomanrakyat.com, Wajo – Video pemukulan tukang parkir terjadi di Jalan Andi Paggaru Depan Toko MR.DIY Sengkang, Jalan Andi Paggaru, Kabupaten ...