Tekno & Sains

Jangan Asal Beli, Ketahui Cara Memilih Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

A. Zafran
A. Zafran

Minggu, 12 September 2021 19:11

Jangan Asal Beli, Ketahui Cara Memilih Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

Pedoman Rakyat, Jakarta – Di zaman sekarang, laptop bukan lagi barang mewah. Bukan hanya orang dewasa yang biasa menenteng barang ini, anak SD pun butuh laptop untuk mendukung pembelajaran.

Oleh sebab itu, harga laptop sekarang tidak semahal dulu. Dengan harga terjangkau, perangkatnya semakin lengkap.Membeli laptop dengan harga terjangkau sekalipun tidak boleh asal beli agar tidak kecewa.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Anda harus tahu cara memilih laptop sesuai kebutuhan. Jika masih bingung dengan beberapa caranya, bisa perhatikan detailnya berikut ini.

8 Cara Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan Anda

Mungkin ini terdengar sepele karena sekarang banyak bertebaran laptop dengan harga murah. Secara umum memilih laptop bukanlah hal yang mudah, terutama jika ingin mendapatkan spesifikasi lengkap sesuai kebutuhan. Sebagai panduan, Anda dapat menyimak cara memilih laptop sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.

1. Pahami dan Ketahui Jenis Laptop yang Anda Butuhkan

Seperti yang telah diketahui bahwa laptop memiliki fitur yang berbeda-beda. Untuk itulah Anda harus paham dahulu laptop seperti apa yang sedang dibutuhkan. Misalnya saja ingin membelikan anak yang sekolah SD, kurang tepat jika membeli laptop berkapasitas besar untuk mendesain atau main game.

Apabila telah paham laptop yang cocok sesuai kebutuhan, tentu akan semakin mudah untuk mencari dan menyiapkan dananya. Harga antara laptop biasa dengan yang berkapasitas besar dan kencang tentunya berbeda jauh.

2. Kenali Berbagai Macam Merk Laptop

Hal penting lainnya selain paham dan tahu akan kebutuhan laptop adalah tahu tentang berbagai jenis merek laptop yang ada di pasaran. Merk yang ada bisa berjumlah puluhan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara memilih laptop sesuai kebutuhan yang tepat adalah jangan membeli laptop hanya karena merek terkenal. Merek terkenal belum tentu memberikan spesifikasi yang Anda butuhkan.

3. Memiliki Masa Garansi

Mengecek masa garansi laptop yang akan dibeli adalah hal yang penting. Semakin lama masa garansi, maka akan semakin menguntungkan. Rata-rata setiap merek laptop akan memberikan masa garansi selama 1 tahun. Namun, ada pula yang memberikan garansi 2-3 tahun. Cek garansi laptop yang akan Anda beli sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan sebelum masa garansi habis, maka Anda bisa melakukan komplain atau mendapatkan servis secara gratis.

4. Sesuaikan dengan Bujet

Harga setiap merek laptop berbeda-beda, Anda harus mencari tahu referensi harga dari setiap merek dan bagaimana kualitasnya. Pastikan saat membelinya, Anda menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Jangan mudah tergiur dengan merk laptop terkenal, tapi harga yang diberikan tidak sesuai dengan isi dompet yang Anda miliki.

5. Cari Laptop yang Memiliki Baterai Tahan Lama

Daya tahan baterai menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli laptop. Sebisa mungkin carilah laptop yang memiliki daya tahan baterai lama sehingga tidak akan mengganggu aktivitas. Untuk memastikan laptop merek apa yang memiliki baterai tahan lama, Anda bisa mencari tahu berbagai merk laptop yang mempunyai baterai tahan lama.

6. Cari dan Lihat Review di YouTube

Apabila Anda tidak terlalu paham dengan kelebihan dan kekurangan tiap jenis merek laptop, caranya mudah saja. Anda bisa mencari dan melihat review di YouTube. Sekarang banyak youtuber yang me-review berbagai jenis laptop secara detail. Mulai dari merek, harga, spesifikasi hingga kekurangan dan kelebihannya. Dari melihat review inilah yang akan jadi bekal bagi Anda saat membeli laptop.

7. Belilah di Tempat yang Aman dan Terpercaya

Cara memilih laptop sesuai kebutuhan yang tidak kalah penting adalah membeli barang tersebut di tempat khusus penjualan laptop yang terpercaya dan amanah. Akan lebih baik apabila Anda membelinya di store khusus untuk merek tertentu yang jelas terpercaya.

Jangan mudah tergoda untuk membeli laptop dengan harga yang murah di tempat yang kurang jelas kredibilitasnya karena rawan penipuan. Saat memutuskan membeli laptop secara online, pastikan pula bahwa tempatnya memang terpercaya dan testimoninya baik.

8. Pastikan Bahwa Laptop Tersebut Mudah untuk Diservis

Laptop dari merek apapun baik terkenal atau tidak pasti suatu saat akan mengalami kerusakan meskipun terdapat embel-embel kualitas terbaik. Saat mengalami kerusakan inilah, jelas Anda membutuhkan servis yang cepat dan berpengalaman.

Hal yang sering luput saat melakukan pembelian adalah tidak melakukan pengecekan apakah laptop yang dibeli memiliki service center di kota Anda. Tidak semua tempat servis laptop dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi. Jika parah tentu harus dibawa ke service center dan akan membutuhkan biaya tambahan lagi.

9. Membeli Laptop Lewat E-Commerce

Tak ada larangan jika ingin membeli laptop secara online karena kini banyak merek laptop yang membuka store online di berbagai e-commerce. Salah satu langganan tempat terbaik untuk mendapatkan laptop sesuai kebutuhan adalah Blibli.

E-commerce satu ini tidak hanya menyediakan jenis laptop satu merek saja, ada banyak merek laptop yang bisa Anda pilih dengan harga yang beragam dan ramah di kantong tentunya. Anda tinggal mencari rekomendasi laptop sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah lenovo.

Jika Anda kebetulan sedang mencari laptop Lenovo, tinggal klik di Blibli merek laptop tersebut, lakukan transfer pembayaran dan tunggu hingga barang tersebut sampai. Sangat mudah, bukan?

Kini, cara memilih laptop sesuai kebutuhan semakin mudah dan cepat dengan hadirnya Blibli. Apalagi harga yang ditawarkan lebih terjangkau dengan kualitas yang sama dengan laptop yang dijual di store pusat merk tersebut. Tunggu apalagi, segera kunjungi Blibli dan dapatkan laptop impian dengan harga yang ramah.

 Komentar

Berita Terbaru
Viral20 September 2021 23:04
Viral! Oknum Guru di Bone Sulsel Diduga Kurung Murid Berjam-jam hingga Kelaparan dan Hampir Pingsan
Pedoman Rakyat, Bone- Jagad maya kembali dihebohkan dengan sebuah postingan di media sosial yang menuliskan salah seorang oknum tenaga pendidik atau g...
Hukum/Kriminal20 September 2021 22:12
Pelaku Datang Pakaian Rapi, Begini Detik-Detik Ustaz Diserang Saat Ceramah di Masjid
Pedoman Rakyat, Batam – Sebuah video yang memperlihatkan detik-detik seorang ustaz diserang saat ceramah di sebuah masjid viral di media sosial....
Politik20 September 2021 19:14
Keponakan SBY Jadi Ketua DPW NasDem DKI Jakarta
Pedoman Rakyat, Jakarta – DPP Partai Nasdem menunjuk Nurcahyo Anggorojati sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi DKI ...
Hukum/Kriminal20 September 2021 19:13
Jasad Kakak Korban Cungkil Mata Tumbal Pesugihan di Gowa Diautopsi
Pedoman Rakyat, Gowa– Demi mengungkap penyebab kematian DS kakak kandung bocah AP yang dianiaya kedua orang tuanya diduga karena pesugihan. Maka...