Kalla Institute Gelar Business Camp Bagi Pelajar SMA, Gali Potensi Calon Wirausaha Muda

Muh Saddam
Muh Saddam

Minggu, 31 Maret 2024 20:45

Kalla Institut
Kalla Institut

Pedomanrakyat.com, Makassar – Kalla Institute baru saja sukses menggelar Business Camp dengan mengusung tema Membentuk Entrepreneur Mindset (Kunci Sukses Generasi Muda Sukses).

Kegiatan berlangsung di Auditorium Kampus Kalla Institute, Lt 6 Office Building NIPAH PARK, (21-22/3/24).

Kalla Institute terdorong untuk melaksanakan kegiatan yang dapat merangsang potensi wirausaha muda, khususnya dikalangan pelajar.

Dari data Global Entrepreneurship Index 2019 terkait ekosistem kewirausahaan, Indonesia masih menempati peringkat ke-75 dari 137 negara yang disurvei.

Maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia belum memiliki iklim kewirausahaan yang baik.

Padahal peran entrepreneur sangatlah penting dalam mendorong peningkatan kinerja perekonomian, sehingga dinilai penting untuk dapat merubah mindset dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja.

Terlebih sudut pandang setiap pelajar dalam mempersiapkan mereka menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.

Kepala bagian Biro Broadcasting and Communication, Iskandar Arifin mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan bisa menghadirkan bibit-bibit calon wirausahawan yang handal.

“Tujuan dihadirkan kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan dasar dan memberikan pengalaman kepada peserta terkait kewirausahaan agar dapat menginspirasi peserta untuk mulai berani membuka dan mengembangkan usaha” kata Iskandar.

Pada kegiatan Business Camp, Kalla Institute menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya dengan berbagai materi diantaranya, Seni Berbisnis, Memulai Usaha Fashion, Memulai Bisnis Kuliner, dan materi mengenai Pengusaha Muslim Yang Tangguh.

Selama kegiatan, setiap pelajar yang menjadi peserta dalam Business Camp dilatih untuk memahami seluk – beluk dalam mengembangkan bisnis.

Lebih lanjut, Iskandar berharap dengan diadakannya Business Camp dapat menarik minat pelajar untuk mengembangkan ide bisnis yang kreatif, sekaligus menambah wawasan di bidang kewirausahaan.

Oleh karena itu, Pendidikan tinggi memiliki peran untuk membangun sumber daya manusia yang juga siap membangun usaha yang kreatif dan inovatif.

Kalla Institute pun hadir sebagai salah satu alternatif perguruan tinggi yang memiliki komitmen dalam mencetak pengusaha muda bertalenta dan berkarakter di Indonesia Timur.

Dimana Kalla Institute merancang proses pembinaan kewirausahaan melalui Lembaga Inkubator Bisnis Kalla Institute.

Hadirnya Lembaga Inkubator Bisnis Kalla Institute mendorong setiap mahasiswanya untuk menekuni dan mengasah jiwa kewirausahaannya, sebagai proses membentuk generasi penerus yang berdaya saing dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

Business Camp diikuti 28 siswa-siswi SMA di Makassar sebagai peserta. Turut hadir pula Kabid SMA, Drs. Harpansa, MM, Kepala Seksi SMA Cabdis Wil. 1, Andi Karmila, S.Pd, 24 kepala sekolah SMA se-Makassar.

Kegiatan tersebut ditutup dengan buka puasa bersama yang dihadiri oleh Rektor Kalla Institute, Syamril S.T., M.Pd., Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Anhar Januar Malik M.Sc, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Dr Syamsul Rijal SE M.M., dan beberapa sivitas akademika Kalla Institute.

Saat ini Kalla Institute membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024-2025, hingga bulan September 2024 mendatang.

Adapun program studi yang ditawarkan Kalla Institute untuk jenjang sarjana yakni program studi Kewirausahaan, Manajemen Retail, Bisnis Digital, dan Prodi Sistem Informasi.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik15 April 2024 19:06
NasDem Sulsel Prioritaskan Usung Dokter Ulfah di Pilkada Barru
Pedomanrakyat.com, Makassar – DPW Partai NasDem Sulsel terus mempersiapkan diri menghadapi perhelatan Pilkada serentak pada November 2024 mendat...
Olahraga15 April 2024 15:09
Arsenal Diklaim Bakal Kesulitan Meraih Gelar Juara
Pedomanrakyat.com, Inggris – Arsenal dinilai punya jadwal sisa Liga Inggris yang paling berat dibanding Liverpool dan Manchester City. Tim Howar...
Otomotif15 April 2024 14:53
MotoGP Amerika 2024: Vinales Menang, Marquez Celaka!
Pedomanrakyat.com, Amerika – MotoGP Amerika 2024 milik Aprilia. Maverick Vinales berhasil meraih hasil sempurna sepanjang akhir pekan sejak Fr...
Nasional15 April 2024 14:45
Kabar Baik! Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Berlaku Mulai Besok, Ini Syaratnya
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Bagi masyarakat pemegang Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya bisa diperpanjang tanpa bikin baru. Namun ...