Kolaborasi IKA Unhas Sulsel, Koni Makassar Gagas Grand Desain Olahraga

Muh Saddam
Muh Saddam

Selasa, 28 November 2023 12:16

Kolaborasi IKA Unhas Sulsel, Koni Makassar Gagas Grand Desain Olahraga

Pedomanrakyat.com, Makassar – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar melakukan penandatanganan MoU dengan Ikatan Alumni (IKA) Unhas Wilayah Sulawesi Selatan.

Tujuannya, agar IKA Unhas bisa menopang dan terlibat langsung dalam mitigasi sosial. Mengingat, di IKA Unhas sendiri banyak akademisi yang kompeten di bidang itu.

Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto mengatakan bahwa, tahun 2024 pihaknya akan menyusun mapping dan grand design kota besar pembangunan olahraga jangka panjang.

“Metodenya pembinaan prestasi dan mitigasi sosial. Untuk mengisi ruang itu, kami harus libatkan banyak pihak sebagai pakar, konsultan riset, sport sains dan sebagainya. IKA Unhas salah satu lembaga yang eksis dan kompeten untuk itu,” beber Ahmad Susanto, Senin (27/11/2023) malam.

Lanjutnya, MoU ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menyatukan persepsi terkait olahraga. Hal itu yang akan ditindaklanjuti lewat hal-hal teknis dan strategis.

”Malam ini kami teken MoU untuk menyatukan visi dan persepsi yang sama, dalam upaya menyusun pengembangan olahraga di Kota Makassar dengan melibatkan masyarakat, salah satunya IKA Unhas,” imbuhnya.

Sementara Ketua Bidang Pemuda, Olahraga dan Seni IKA Unhas Sulsel, Rahman Rizal Andi Sapada menegaskan, pihaknya menggandeng KONI karena dianggap sebagai lembaga paling tuntas mengenai olahraga. Itu sebabnya, dia tertarik melakukan MoU ini.

“Diharapkan IKA Unhas wilayah Sulsel ini bisa sharing program dengan KONI Makassar. Melalui pola berpikir para alumni untuk perkembangan olahraga di Sulsel, karena kami ingin terlibat lebih banyak di tengah-tengah masyarakat,” kata dia.

Selain itu, dia juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa olahraga punya banyak peran. Selain prestasi, juga bisa menjadi solusi masalah sosial. Sehingga, lewat olahraga IKA Unhas Sulsel yakin bisa berinteraksi dan berkonteibusi lebih banyak kepada masyarakat.

“Kami ingin memberi tahukan kepada masyarakat bahwa ini loh olahraga. Selain prestasi, ada sisi sosialnya juga. Kami ambil peran di situ, karena kami tidak bisa masuk di ranah teknis prestasi, itu ranahnya cabor,” kuncinya.

 Komentar

Berita Terbaru
Daerah16 Juli 2024 18:24
Curhat di Live TikTok, Nelayan di Soppeng Dapat Bantuan dari Rusdi Masse, dari Mesin Perahu, Biaya Perbaikan Rumah hingga Seragam Sekolah
Pedomanrakyat.com, Makassar – Berawal dari curhat melalui live TikTok, seorang nelayan di Kabupaten Soppeng yang tengah kesulitan, menerima seju...
Politik16 Juli 2024 15:44
Hubungan Kekerabatan hingga Motivasi Jabatan Disebut Jadi Faktor ASN Tak Netral di Pemilu
Pedomanrakyat.com, Makassar – Publish research intitute menggelar diskusi dengan tema “Netralisasi ASN Harga Mati, Melanggar Sanksi Besar ...
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...