Makan Nasi Goreng, Sejumlah Santri Keracunan

Nhico
Nhico

Kamis, 07 Oktober 2021 18:16

Makan Nasi Goreng, Sejumlah Santri Keracunan 

Pedoman Rakyat, Banyuwangi – Sebanyak empat santri di sebuah pondok pesantren di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, diduga keracunan makanan. Mereka mengeluh sakit perut, muntah, hingga diare, usai menyantap nasi goreng yang dibeli di koperasi pondok pesantren.

“Sementara diduga keracunan karena makanan,” kata Kapolsek Muncar AKP Kompol Zaenuri, Kamis (7/10/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

Peristiwa itu bermula ketika seorang santri perempuan membeli nasi goreng pada Rabu (6/10/2021) pukul 18.00 WIB. Nasi itu dibawa ke kamar untuk disantap berempat. Tiba-tiba sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, keempat santri itu mengeluh sakit perut dan pusing.

“Setelah malam tahajud perut sakit, BAB (buang air besar), dan pusing. Paginya dilaporkan ke pengasuh pondok, kemudian dilaporkan ke Puskesmas,” jelas Zaenuri.

Setelah diperiksa, para santri mengaku masih mengeluhkan sakit kepala. Namun tensinya sudah normal dan sekarang masih dalam perawatan. “Belum ada laporan resmi, kita mau melangkah cek sampel dan lainnya masih menunggu laporan,” kata dia.

Meski demikian, pihak pondok pesantren membantah jika peristiwa yang menimpa para santri disebut insiden keracunan.

“Tidak ada apa-apa hanya sakit perut, mencret. Ada sekitar empat orang,” kata Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar Tembokrejo, Muncar, KH. Abdillah As’ad mengutip dari Times Indonesia jaringan Suara.com, Kamis (7/10/2021).

Gus As’ad menjelaskan, bahwa para santri memang setiap hari selalu makan pagi. Namun pada saat kejadian itu, pihaknya belum mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya telah dikonsumsi.

“Saya sendiri kurang begitu paham karena posisi masih di Jember,” ungkap Gus As’ad.

Sedangkan untuk penanganan medis dari ke-empat orang santri itu, pihak Ponpes Al Azhar sudah menyediakan tim kesehatan khusus dari pondok.

“Tidak sampai ke puskesmas. Kami ada tim medis khusus, baru kalau darurat kita bawa,” tandas Pengasuh Ponpes Al Azhar Tembokrejo, Muncar, KH. Abdillah As’ad.

 Komentar

Berita Terbaru
Edukasi22 Oktober 2021 12:13
Khutbah Jumat: Kenapa Kita Dianjurkan Merayakan Maulid Nabi?
Pedoman Rakyat – Khutbah I اَلْحَمْدُ لِلّٰه، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَ...
Metro22 Oktober 2021 11:31
Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Capaian Vaksinasi yang dilakukan TP PKK
Pedoman Rakyat, Makassar – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan apresiasi atas capaian jumlah warga yang divaksin 56 ribu....
International22 Oktober 2021 11:22
Tragis! 4 Pasien di RS Tewas Gara-gara Disuntik Jarum Isi Udara, Pelaku Terancam Hukuman Mati
Pedoman Rakyat, Texas – William Davis, pria berusia 37 tahun di Texas, ditangkap dan diperkirakan bakal menghadapi hukuman mati gara-gara menyun...
Metro22 Oktober 2021 10:35
Bongkar Kasus Sabu 2 Kg di Makassar, Berikut Daftar Polisi yang Terima Penghargaan dari Danny Pomanto
Pedoman Rakyat, Makassar – Pemerintah Kota Makassar, dalam hal ini Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memberikan apresiasi ata...