NasDem, PKB, PKS Kompak Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu

Muh Saddam
Muh Saddam

Jumat, 23 Februari 2024 06:41

NasDem, PKB, PKS Kompak Dukung Hak Angket Kecurangan Pemilu

Pedomanrakyat.com, Jakarta – Partai NasDem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan menyatakan sikap mendukung wacana hak angket yang akan digulirkan di DPR RI untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Sikap dukungan ini diputuskan dalam rapat antara ketiga sekretaris jenderal (sekjen) partai, yakni Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar di NasDem Tower malam ini.

“Semangat kami sebagai satu kesatuan yang utuh, 3 partai yang solid berkoalisi. Semangat kami seperti semangat yang disampaikan Pak Anies, kita siap bersama inisiator PDIP untuk menggulirkan (hak) angket,” kata Taslim, Kamis, (22/2/2024)

Taslim menjelaskan, NasDem, PKB, dan PKS mendukung hak angket diwujudkan di parlemen demi menjaga kebenaran lewat pengusutan dugaan kecurangan Pemilu 2024.

“Kenapa hak angket kita dukung? Kita inginkan kebenaran. kami bersekutu dengan siapa pun di republik ini yang punya iktikad baik untuk menegakkan kebenaran dan keadilan bangsa Indonesia,” jelas Taslim

Lebih lanjut, Taslim menuturkan bahwa ketiga partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ini menunggu PDI Perjuangan (PDIP) untuk menginisiasi pengajuan hak angket. Mengingat, wacana ini awalnya digaungkan oleh capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

“Jadi posisi kami data sudah siap hal-hal kecilnya sudah siap, tinggal menunggu tindak lanjutnya. Kawan-kawan PDIP sebagai partai terbesar sebagai inisiator, bagaimana selanjutnya,” ungkap Taslim.

Sementara itu, Sekjen PKB Hasanudin Wahid menekankan, dukungan hak angket demi pemilu yang jujur adil berkualitas dan menghormati serta menegakkan kebenaran dan kedaulatan rakyat.

PKB pasti akan bersama mereka yang menjaga dan mengawal kedaulatan rakyat, kecurangan tidak boleh terjadi dinegeri ini. Karena itu kami akan berdiri bersama mereka,” ujar Hasanudin.

Senada, Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menegaskan, hak angket juga berdasarkan suara masyarakat yang ada di lapangan, dan itu menjadi modal dasar apalagi itu juga disampaikan Ganjar Pranowo, capres 03.

“Kami sangat mendukung, sangat senang. kalau ada yang melangkah begitu, kami ada di belakangnya, kami siap, kita akan mengawal, cek sampai ke detail-detailnya,” tegas Aboe Bakar.

Diketahui, usulan untuk menggulirkan hak angket di DPR oleh partai pengusung Ganjar-Mahfud, yaitu PDI Perjuangan dan PPP disampaikannya dalam rapat kordinasi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud pada 15 Februari 2024. Ketika itu, mereka menggelar rapat tertutup di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Hak angket adalah hak yang diberikan kepada DPR untuk menggelar penyelidikan pada pelaksanaan suatu Undang Undang atau kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan hal penting, strategis, dan punya dampak luas terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebut, dalam penggunaan hak angket yang mereka usulkan, DPR bisa meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menyelidiki dugaan kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun ini.

Ganjar juga mendorong kubu capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk ikut menggunakan hak angket tersebut.

Menurut dia, dengan keterlibatan PDI Perjuangan, PPP, serta beberapa partai pengusung Anies-Muhaimin di DPR yakni NasDem, PKB, dan PKS, maka hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pemilu dapat diloloskan oleh lebih dari 50 persen anggota DPR.

“Makanya kita harus membuka pintu komunikasi dengan partai pendukung Anies-Muhaimin. Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Senin, 19 Februari.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik15 April 2024 19:06
NasDem Sulsel Prioritaskan Usung Dokter Ulfah di Pilkada Barru
Pedomanrakyat.com, Makassar – DPW Partai NasDem Sulsel terus mempersiapkan diri menghadapi perhelatan Pilkada serentak pada November 2024 mendat...
Olahraga15 April 2024 15:09
Arsenal Diklaim Bakal Kesulitan Meraih Gelar Juara
Pedomanrakyat.com, Inggris – Arsenal dinilai punya jadwal sisa Liga Inggris yang paling berat dibanding Liverpool dan Manchester City. Tim Howar...
Otomotif15 April 2024 14:53
MotoGP Amerika 2024: Vinales Menang, Marquez Celaka!
Pedomanrakyat.com, Amerika – MotoGP Amerika 2024 milik Aprilia. Maverick Vinales berhasil meraih hasil sempurna sepanjang akhir pekan sejak Fr...
Nasional15 April 2024 14:45
Kabar Baik! Perpanjang SIM Mati Tanpa Bikin Baru Berlaku Mulai Besok, Ini Syaratnya
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Bagi masyarakat pemegang Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya bisa diperpanjang tanpa bikin baru. Namun ...