Pahala Berlipat Ganda! Berikut Amalan yang Mudah Dilakukan di Hari Jumat

A. Zafran
A. Zafran

Jumat, 01 Oktober 2021 08:28

Pahala Berlipat Ganda! Berikut Amalan yang Mudah Dilakukan di Hari Jumat

Pedoman Rakyat – Dalam Islam, hari Jumat disebut juga hari raya bagi umat muslim.

Ada banyak amalan hari jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, baik oleh perempuan atau pun laki-laki.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Sebab, akan sangat banyak pahala yang akan diturunkan secara sekaligus dan juga kesempatan emas untuk menghapus dosa.

Amalan-amalan tersebut juga termasuk ke dalam ibadah sunnah.

Apa saja amalan hari Jumat tersebut? Simak beberapa di antaranya.

1. Perbanyak Sholawat

Jika di hari biasa saja akan mendatangkan pahala, maka membaca sholawat saat hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai amalan hari Jumat.

Bukan hanya pahala, Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi yang dekat dengan beliau saat hari kiamat yang tentunya amat diinginkan oleh kaum muslimin.

2. Perbanyak Dzikir dan Doa

Ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan.

Dzikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berdzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

3. Perbanyak Amal Ibadah

Kaum perempuan juga bisa mendapatkan keutamaan hari Jumat tidak kalah dengan laki-laki yang mengerjakan sholat Jumat.

Misalnya dengan meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, menambah bacaan Alquran, lebih banyak menolong sesama, dan sebagainya.

Imam Ja’far Shadiq berkata:

“Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal sholeh dan tinggalkan semua yang haram.

Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat.

Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”

4. Membersihkan Diri

Sunnah untuk membersihkan diri ini tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat Jumat saja.

Akan tetapi, ini juga berlaku untuk perempuan sebagai amalan hari Jumat yang utama karena disunnahkan untuk membersihkan diri di hari yang istimewa ini.

Selain itu, mandi hari jumat juga merupakan hal yang wajib bagi semua orang yang sudah baligh. Bukan hanya mandi, Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah.

5. Shalat Dhuhur di Awal Waktu

Meskipun tidak bisa menunaikan shalat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan shalat Dhuhur di awal waktu.

Selain merupakan amalan hari Jumat yang khusus diberikan untuk kaum hawa, sholat di awal waktu juga lebih disukai oleh Allah SWT.

Sholat di awal waktu juga dijanjikan akan memperoleh pahala besar bagi orang yang mengerjakannya. Hal ini sesuai dengan keterangan dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, dia berkat bahwa Rasulullah SAW bersabda:

6. Pakai Pakaian Terbaik dan Gunakan Wewangian

Rasulullah SAW mendorong umatnya untuk membeli pakaian terbaik agar bisa dikenakan pada hari yang istimewa, yakni hari Jumat. Beliau bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja,”(HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

7. Membaca Surat Al-Kahfi

Baik bagi laki-laki ataupun perempuan, keduanya mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan pahala berlimpah saat membaca Surat Al Kahfi sebagai amalan hari Jumat.

Membaca surat Al-Kahfi juga bisa dilakukan pada awal Jumat, yaitu pada Kamis malam setelah masuk waktu maghrib.

Dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat,” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani).

 Komentar

Berita Terbaru
Metro06 Desember 2021 18:26
Peringatan Dini BMKG: Semua Daerah di Sulsel Waspada Hujan Lebat-Angin Kencang dan Potensi Banjir
Pedoman Rakyat, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Sel...
Hiburan06 Desember 2021 18:06
Celine Evangelista Ikut Merasa Bersalah Kematian Novia Widyasari, Tak Balas DM Curhatannya
Pedoman Rakyat, Jakarta – Penyesalan Celine Evangelista atas kematian Novia Widyasari baru terungkap. Celine Evangelista mengaku kaget setelah m...
Hukum/Kriminal06 Desember 2021 17:19
Security Asal Gowa Tewas Ditikam di Sebuah Kafe Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria berinisial AB (30) meregang nyawa usai nongkrong di kafe Noyu, Jalan Syarif Al Qadri, Kecamatan Makassar, Kota ...
Daerah06 Desember 2021 16:45
Sungai di Soppeng Sulsel Meluap, Dua Rumah Hanyut Terbawa Arus
Pedoman Rakyat, Soppeng- Dua unit rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulsel hanyut terbawa arus sungai yang meluap. Senin (6/12/2021). Peristiwa yan...