Pj Gubernur Bahtiar Gandeng CEO Great Giant Food Konsolidasi Gerakan Budidaya Pisang

Muh Saddam
Muh Saddam

Jumat, 29 September 2023 22:49

Pj Gubernur Bahtiar Gandeng CEO Great Giant Food Konsolidasi Gerakan Budidaya Pisang

Pedomanrakyat.com, Makassar – Penjabat Gubernur Sulsel mengajak CEO Great Giant Food (GGF), Tommy Wattimena, untuk memaparkan potensi besar budidaya pisang dan peluangnya pada Forum Dialog Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP), di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (28/9/2023).

Hadir juga Direktur Corporate Affair Great Giant Foods Welly Soegiono yang juga merupakan Wakil Bidang Holtikultura APINDO Pusat. Upaya ini dilakukan Bahtiar untuk mengkonsolidasikan G2MP.

Untuk hal tersebut, Pemerintah Provinsi menggandeng PT. Great Giant Pineapple untuk membantu proses pengembangkan mulai dari penyediaan bibit (kultur jaringan), pendampingan hingga pemasaran.

Bahtiar menyebutkan, mereka telah menggeluti budidaya pisang sejak tahun 1983 dan terbesar nomor satu di Indonesia.

“Kita menghadirkan talent (talenta) di bidang pisang. Bukan hanya talent tetapi pengusaha yang sudah menggeluti budidaya pisang,” sebutnya.

Untuk mensukseskan gerakan ini, Bahtiar mengaku butuh dukungan perbankan. Begitu juga relawan-relawan seperti Baznas, volunteers bahkan lembaga-lembaga dan perusahaan negara.

Adapun Tommy Wattimena menyebutkan, pisang adalah komoditas buah terbanyak yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Peluang menanam pisang pun masih sangat besar. Sebab Indonesia sendiri masih kekurangan dan jumlah permintaan untuk ekspor sangat sedikit yang terpenuhi.

“Saya ingin memecahkan persoalan bangsa secara bersama-sama. Dan saya merasa terpanggil hadir untuk memberikan edukasi ke Sulsel. Saya happy juga melihat, luar biasa dibawah leadership Bapak Bahtiar akan memajukan menanam pisang,” ujarnya.

Budidaya di Sulsel akan memperhatikan kualitas dalam segala aspek.

“Untuk kualitas dan cara menanam dan sebagainya, kita sebagai perusahaan akan membantu membimbing para petani-petani yang bersedia. Selanjutnya kita ajarkan supaya kualitas yang diinginkan masyarakat bisa dilakukan mulai diperhitungkan atau direncanakan dengan baik pada waktu penanamannya,” ucapnya.

Adapun pemaparan Tommy Wattimena dan Willy Soegiono dapat disaksikan di kanal Youtube Sulselprov.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...
International16 Juli 2024 11:28
Joe Biden Kecam Trump Pilih Senator JD Vance Jadi Cawapres di Pemilu AS 2024
Pedomanrakyat.com, AS – Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi pengumuman kandidat presiden AS Donald Trump yang menjat...
Hiburan16 Juli 2024 11:22
Kimberly Ryder Gugat Cerai Edward Akbar
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Kabar tak enak datang dari Kimberly Ryder dan Edward Akbar. Diketahui Kimberly Ryder menggugat cerai suaminya Edwar...
Metro16 Juli 2024 11:09
Danny Pomanto dan Kejari Makassar Pererat Kerja Sama Bidang Hukum dan Pendampingan Proyek Strategis
Pedomanrakyat.com, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar yang baru Nauli Rahim Sir...