Tokoh Masyarkat Sebut Pembangunan yang Dilakukan Ilham Azikin Sudah Dirasakan Manfaatnya

Nhico
Nhico

Sabtu, 06 Juli 2024 20:52

Ilham Azikin.
Ilham Azikin.

Pedomanrakyat.com, Bantaeng – Tokoh masyarakat Bonto Sunggu, Karaeng Bella menyebut Ilham Azikin adalah sosok kepala daerah yang visioner. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Ilham Azikin saat memimpin Bantaeng pada 2018-2023 sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Karaeng Bella saat menjamu Ilham Azikin di rumahnya di Kelurahan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu, Jumat, 5 Juni 2024. Dia mengatakan, visi dan misi yang dilakukan oleh Ilham Azikin ini Sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penetapan visi dan misinya itu dilakukan setelah melalui proses survei. Sesuai dengan hasil analisis akademis.

“Jadi visi dan misi itu ditentukan sesuai dengan analisis akademis. Apa yang dibutuhkan masyarakat saat itu,” kata dia.

Dari hasil survey itu, maka diketahui jika masyarakat Bantaeng membutuhkan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan taraf kesejahteraan mereka. Maka dari itulah, muncul program unggulan seperti perlengkapan sekolah gratis, bantuan modal usaha berbasis dusun dan asuransi pertanian. Program ini dilakukan untuk meringankan kebutuhan masyarakat dan meningkatkan lapangan kerja di dusun.

“Memang bangunan yang megah itu bukan program unggulannya. Karena waktu itu, masyarakat sudah punya bangunan yang bagus, seperti Seruni dan RSUD Bantaeng. Terus ada yang bilang, katanya tidak ada yang dibangun sama pak Ilham Azikin. Siapa bilang Ilham Azikin tidak membangun? ada ji juga yang dibangun, dan lebih terasa manfaatnya,” kata Karaeng Bella.

Mantan Camat Bissappu ini mengatakan, meski program unggulan Ilham Azikin adalah prioritas di peningkatan SDM, tetap periode kepemimpinan Ilham Azikin juga tetap melakukan pembangunan. Pembangunan yang dilakukan berdasarkan asas kebermanfaatan dan memperhatikan prioritas sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

Ilham Azikin membangun puskesmas di semua kecamatan. Sekarang tidak ada lagi Puskesmas yang tidak bisa rawat inap. Layanan Kesehatan sudah semakin dekat,” kata Karaeng Bella.

Dia mengaku, pembangunan yang dilakukan oleh Ilham Azikin bahkan sampai ke pelosok terpencil di Bantaeng. Dia menyebut, salah satunya adalah kampung Bira-Bira di Kecamatan Bissappu. Menurutnya, sebelum tersentuh pemerintah, kampung ini bahkan tidak pernah menikmati terangnya lampu rumah. Warga di kampung itu bertahun-tahun juga tidak menikmati air bersih.

“Nanti di 2020, waktu pak Ilham memimpin di Bantaeng, kampung itu akhirnya teraliri listrik. Sudah diperbaiki jalannya, orang di sana juga sudah nikmati air bersih,” kata dia.

Dia mencontohkan program pembangunan terbaru yang dilakukan oleh Ilham Azikin. Karaeng Bella menyebut, kampung Borkal. Di kawasan pesisir Bantaeng ini, Ilham Azikin memperbaiki rumah tinggal yang ada di kawasan itu. Rumah yang kumuh ini diperbaiki secara gratis, lengkap dengan sertifikat tanah gratis mereka.

“Bertahun-tahun warga di sana konflik lahan. Mereka tinggal di gubuk kumuh. Setelah Ilham Azikin memimpin, mereka dibangunkan rumah layak huni, lengkap dengan sertifikat gratis mereka,” kata Karaeng Bella.

Bangunan lainnya yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat adalah Cekdam Kasiping. Dia menyebut, Cekdam Kasiping terbukti sudah mampu meredam banjir di kawasan perkotaan Bantaeng. “Dua hari lalu, Pak. Bantaeng ini diterjang hujan deras dua hari berturut-turut. Alhamdulillah, sudah tidak banjir lagi. Dulu, hujan tiga jam saja, sudah banjir mi di perkotaan. Masih banyak bangunan yang dibuat sama pak Ilham. Tetapi terlalu banyak kalau kita mau cerita satu per satu di sini,” katanya.

Dia menambahkan, hal yang paling penting yang dilakukan oleh Ilham Azikin selama memimpin Bantaeng adalah dengan menggratiskan biaya kesehatan seluruh masyarakat Bantaeng. Dia menyebut, tidak ada lagi masyarakat Bantaeng yang perlu membayar premi BPJS nya. Pemerintah mengalokasikan anggaran hingga Rp200 miliar untuk membiayai BPJS kesehatan masyarakat Bantaeng.

“Sekarang kalau sakit ki, tidak ada mi lagi perlu dipikir bayar biaya kesehatan. Kesehatan ta itu lebih penting dari apapun. Pemerintah menghabiskan Rp200 miliar untuk kesehatan ta semua. Anggaran sebesar itu bisa untuk bangun dua Pantai Seruni dan Lapangan Hitam,” katanya.

Karaeng Bella mengajak kepada semua masyarakat Bonto Sunggu untuk bersatu memenangkan Ilham Azikin di periode keduanya. Dia menyebut, Ilham Azikin sudah terbukti meringankan beban masyarakat. Dia juga berharap, agar masyarakat tidak melihat pembangunan dari sisi infrastruktur saja. Menurutnya, banyak hal yang lebih penting dari bangunan fisik semata.

“Saya yakin, di periode keduanya nanti, masyarakat Bantaeng bisa lebih sejahtera,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin mengaku berterimakasih kepada masyarakat Bonto Sunggu yang telah memberikan ruang diskusi itu. Dia berharap, masyarakat Bonto Sunggu tetap kompak menjaga kedamaian yang ada di kampung itu. “Musim Pilkada nanti, jangan ada yang bertengkar karena beda pilihan. Jangan ki ada yang menjelek-jelekkan. Kalau mau ki bantu Ilham Azikin, ceritakan kebaikan yang ada sama saya, jangan ki ceritakan kejelekan orang lain,” katanya.

Dia meminta masyarakat Bonto Sunggu juga bisa kompak menjaga keamanan kampung itu. Dia mengaku, persaudaraan, dan kebersamaan yang sudah terjalin tidak boleh rusak karena perbedaan pilihan.

Kepada masyarakat Bonto Sunggu, Ilham Azikin juga berjanji akan merehabilitasi Kawasan permukiman di Bonto Sunggu lengkap dengan sertifikat gratisnya. Program seperti ini mirip yang dilakukan di kampung sebelah di Borkal. “Insyaallah, kita juga akan bangun di kampung Bonto Sunggu ini,” kata dia.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro24 Juli 2024 15:19
Waka DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif Hadiri Munas II ADPSI-ASDEPSI 2024
Pedomanrakyat.com, Jambi – Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif menghadiri acara Musyawarah Nasional II Asosiasi DPRD Provinsi Se...
Metro24 Juli 2024 15:09
Disperindag Ikut Sukseskan Event F8 dengan Inovasi GOO Makassar
Pedomanrakyat.com, Makassar – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Makassar akan turut menyukseskan event Makassar Internation...
Metro24 Juli 2024 14:15
Fahruddin Rangga Sebut RPJPD 2025-2045 Jadi Acuan Kepala Daerah Terpilih
Pedomanrakyat.com, Makassar – DPRD Sulawesi Selatan melaksanakan rapat kerja pansus dalam rangka pembahasan terhadap ranperda tentang rencana pe...
Metro24 Juli 2024 14:01
ASA Tebus Ijazah Warga di Ballaparang, Noorhidayah: Beliau Peduli-Mampu Memimpin
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon Wali Kota Makassar Andi Seto Asapa mendadak mendatangi kediaman Noorhidayah (54) di Ballaparang, Rappo...