Bahaya! Ratusan Anak di Sulsel Keracunan Makanan, Ini Penyebabnya

Nhico
Nhico

Sabtu, 17 Juli 2021 12:06

Bahaya! Ratusan Anak di Sulsel Keracunan Makanan, Ini Penyebabnya

Pedoman Rakyat, Makassar-Ratusan anak di Sulawesi Selatan (Sulsel) Keracunan Makanan selama tahun 2021. hal ini sesuai catatan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makassar.

Dari data BPOM Makassar, ada 211 anak yang keracunan karena jajanan sepanjang tahun 2021. 25 persen diantaranya terjadi pada anak sekolah dengan usia 10 hingga 19 tahun. Hal itu dikarenakan mereka membeli pangan jajanan anak sekolah atau (PJAS) di sekolah. Baik di kantin, maupun di luar sekolah.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Ini yang harus jadi perhatian. Lumayan tinggi kasus keracunan di sekolah,” ujar Kepala BPOM Makassar, Hardaningsih, Jumat, 16 Juli 2021.

Hardianingsih mengatakan banyak sekolah yang kantinnya masih jauh dari kata layak. Belum lagi soal makanan yang dijajakan tidak sehat. “Kadang terbuat dari pewarna atau ada zat-zat yang tidak diizinkan lalu digunakan,” tambahnya.

Olehnya itu, pihaknya gencar menyosialisasikan program kemananan pangan bagi kalangan muda atau disebut juga generasi emas. Salah satu caranya adalah memperkenalkan soal keamanan pangan.

“Supaya mereka mendapat asupan baik di rumah dan di sekolah,” ujar Hardiningsih. Menurutnya, pangan sangat berpengaruh di masa pandemi. Sebab, asupan bergizi dapat menjadi kekuatan menangkal masuknya virus ke dalam tubuh.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional02 Agustus 2021 13:46
Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS dan CPPPK, Mau Tahu Namanya Lolos atau Tidak? Ayo Cek Disini
Pedoman Rakyat, Jakarta- Pendaftaran CPNS 2021 telah ditutup, bahkan Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan pegawai pemerint...
Metro02 Agustus 2021 09:39
Innalillah, Mantan Sekretaris KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia
Innalillah, Mantan Ketua KPU Sulsel Annas GS Karaeng Jalling Meninggal Dunia...
Hukum/Kriminal02 Agustus 2021 09:26
Kasihan, Balita Hanyut Selama 3 Hari, Ditemukan Tewas Mengapung di Semak Belukar
Pedoman Rakyat, Banyuasin- Balita yang hanyut di perairan sungai di Desa Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya ditemukan, na...
Edukasi02 Agustus 2021 09:05
Masyarakat Wajib Tahu, Begini Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19 Menurut Dokter Reisa
Pedoman Rakyat, Jakarta- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan, penggunaan masker ganda efektif mencegah percika...