Bertemu Gubernur Nurdin, Kakanwil Kemenag Sulsel Bicara Madrasah Edukasi Alam sampai Asrama di Pulau

Taqim
Taqim

Sabtu, 20 Februari 2021 14:30

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima rombongan dari Kemenag Sulsel
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima rombongan dari Kemenag Sulsel

Pedoman Rakyat, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mendukung program pembangunan madrasah yang akan dilakukan Kementerian Agama RI.

Program tersebut, antara lain, Madrasah Luar Biasa, Madrasah Edukasi Alam, Asrama Anak Pulau, Madrasah Program Kebahasaan serta Gerakan Sejuta Koin Wakaf Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren di Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

Hal ini dinyatakan saat menerima Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, KH. Khaeroni beserta jajaran serta Peneliti Pusat Kemenag Melisha di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu pagi, 20 Februari 2021. Sebelumnya mereka juga telah melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Kakanwil membahas pengembangan madrasah dan meminta masukan gubernur. Sedangkan, Melisha memaparkan hasil penelitian di 24 kabupaten/kota kepada gubernur.

Untuk Madrasah Edukasi Alam akan dilakukan di Kabupaten Soppeng. Jika ini dilakukan maka akan menjadi ikon di Indonesia. Sedangkan untuk Asrama Pulau direncanakan berupa tempat tinggal bagi madrasah yang ada di kepulauan jauh. Sehingga siswa-siswi memiliki hunian. Sedangkan untuk Madrasah Luar Biasa diperuntukan bagi anak berkebutuhan khusus.

Nurdin Abdullah mengatakan, menegaskan bahwa menyetujuan rencana program yang dilakukan oleh Kemenag RI dan menjadikan Sulsel sebagai pilot project. Sehingga Pemerintah Provinsi Sulsel dan kabupaten-kota siap mendukung dengan bersinergi bersama menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang lahir dari madrasah.

“Saya setuju bahwa kita tidak bisa sendiri dan itu kendala kita di Indonesia. Dua tahun lebih kami memimpin, kami mensinergikan antara Pemerintah Sulsel, Pemerintah Kabupaten dan Kota dan juga Kementerian,” kata Nurdin Abdullah.

Untuk itu Nurdin meminta agar konsep program yang ada jelas dan lebih dimantapkan sehingga pemerintah daerah dapat memberikan support dengan baik dan tepat.

“Saya ingin kita duduk bersama-sama. Utamanya pemberian support,” tambahnya.

Ia juga menyatakan akan mendorong program Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Sulsel untuk membantu dunia pendidikan.

Kakanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni menyampaikan, jika kunjungannya ini untuk menjalin silaturahmi sekaligus membahas program pembangunan di Sulsel.

“Kalau seluruh aspek misalnya sosial, politik, ekonomi, budaya kita bisa bersinergi, maka visi misi Pemprov Sulsel akan cepat tercapai. Dan saya siap mendukung,” katanya.

Adapun, peneliti pusat dari Kementerian Agama RI, Melisha menyampaikan latar belakang dari penelitian yang dilakukannya adalah bagaimana meningkatkan sumber daya manusia dengan sumber daya alam yang ada.

“Sulsel memiliki potensi yang unggul dibandingkan dengan provinsi lain. Terutama dari sumber daya alam. Sehingga muncul beberapa ide berdasarkan hasil penelitian,” ungkapnya.

Pertama, bagaimana kurva pendidikan yang kurang berkembang dengan kurva pendidikan yang berkembang bisa seimbang. Karena saat ini masih terdapat banyak aspek yang perlu menjadi perhatian untuk mencapai titik keseimbangan tersebut.

Penulis : Reza

 Komentar

Berita Terbaru
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Tersangka, Ini Dugaan Kasus Korupsinya
Hukum/Kriminal28 Februari 2021 02:01
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Tersangka, Ini Dugaan Kasus Korupsinya
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah resmi tersangka KPK....
Pembobol Rumah Kos Mahasiswi Makassar Akhirnya Ditangkap Setelah Sebulan Sembunyi di Kampung
Hukum/Kriminal27 Februari 2021 21:43
Pembobol Rumah Kos Mahasiswi Makassar Akhirnya Ditangkap Setelah Sebulan Sembunyi di Kampung
pelaku pembobolan rumah mahasiswi Makassar ditangkap di maros. ...
Ombas Terpilih Aklamasi Pimpin Golkar Toraja Utara
Politik27 Februari 2021 20:11
Ombas Terpilih Aklamasi Pimpin Golkar Toraja Utara
Bupati Toraja Utara (Torut) terpilih, Yohanis Bassang alias Ombas terpilih sebagai Ketua DPD II Golkar Toraja Utara....