Kapal Penyelamat KRI Nanggala 402 Kesulitan Mengangkat

A. Zafran
A. Zafran

Selasa, 04 Mei 2021 16:16

Kapal Penyelamat KRI Nanggala 402 Kesulitan Mengangkat

Pedoman Rakyat, Bali – Evakuasi KRI Nanggala 402 di perairan Utara Bali masih menemui sejumlah kendala. Posisi badan kapal selam yang berada di kedalaman 838 meter, membuat kesulitan kapal penyelamat untuk mengangkatnya.

Dari keterangan diterima, Asisten Perencanaan (Asrena) KSAL Laksamana Muda TNI Muhammad Ali mengungkapkan bahwa evakuasi KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali cukup sulit.

diperlukan pengait untuk diikatkan ke KRI Nanggala yang tenggelam di dasar laut Bali. Sementara untuk mengaitkan perlu tangan yang langsung masuk ke lokasi kapal yakni di kedalaman 838 meter.

“Untuk mengangkat memang agak susah mungkin, karena untuk menempelkan pengait dengan barang yang akan diangkat itu butuh tangan,” kata Ali saat menyampaikan keterangan di RS TNI AL Mintohardjo, Selasa (4/5/2021).

Kemungkinan, kata dia, pengait itu akan dipasang oleh penyelam yang menggunakan peralatan khusus agar bisa menyelam di kedalaman 838 meter tanpa membahayakan jiwanya. Namun tidak menutup kemungkinan pengait itu dipasangkan oleh robot khusus.

“Bisa penyelam, bisa robot. Kalau penyelam dia harus pakai baju khusus yang bisa sampai kedalaman segitu. Nah ini agak sulit, mungkin akan dibantu robot untuk pasang itu,” jelas dia.

Untuk saat ini, kata dia, beberapa bagian kecil dari KRI Nanggala 402 memang sudah berhasil diangkat. Namun untuk bagian-bagian besar belum bisa terangkat ke permukaan.

KRI Nanggala 402 diketahui tenggelam di perairan utara Bali pada Rabu (21/4). Seluruh awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur dalam insiden tersebut.

KRI Nanggala yang tenggelam hingga kedalaman 838 meter terbelah menjadi tiga bagian di dasar laut. Meski demikian TNI AL memastikan akan melakukan evakuasi menyeluruh terhadap kapal tersebut.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal13 Mei 2021 11:03
Pakai Baju Oranye, Begini Wajah Bupati Nganjuk Saat Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi
Pakai Baju Oranye, Begini Bupati Nganjuk Saat Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi ...
Hiburan13 Mei 2021 10:01
Dijodohkan Atau Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran? Ini Cara Menjawabnya dari Psikolog
Dijodohkan Atau Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran? Ini Cara Menjawabnya dari Psikolog...
Nasional13 Mei 2021 09:02
Mentan SYL: Karantina Pertanian Mengawal Keamanan Pangan Masyarakat
Mentan SYL: Karantina Pertanian Mengawal Keamanan Pangan Masyarakat...
Nasional13 Mei 2021 08:01
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Sampaikan Ucapan Hari Raya Idulfitri 1442 H
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Sampaikan Ucapan Hari Raya Idulfitri 1442 H...