Kloset Tersumbat, Jangan Bingung Ini Cara Alami Mengatasi Tanpa Penyedot

Nhico
Nhico

Senin, 27 September 2021 07:20

Kloset Tersumbat, Jangan Bingung Ini Cara Alami Mengatasi Tanpa Penyedot

Pedoman Rakyat – Mendapati kloset yang tersumbat atau mampet tentu membuat pusing dan menjengkelkan karena menghambat rutinitas di rumah. Tak hanya itu, kloset tersumbat atau mampet juga dapat menyebabkan toilet atau kamar mandi menjadi banjir, bau, dan tidak nyaman.

Kloset yang tersumbat harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Biasanya, mengatasi kloset tersumbat menggunakan plunger atau penyedot. Beruntung, kloset tersumbat dapat diatasi tanpa menggunakan penyedot, bahkan jasa penyedot WC.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Melansir dari laman Reader’s Digest, Minggu (26/9/2021), berikut ini lima cara mengatasi kloset tersumbat tanpa penyedot.

-Mulailah dengan sabun cuci piring

Langkah pertama mengatasi kloset tersumbat tanpa penyedot adalah menggunakan sabun cuci piring. Tekstur sabun yang cair dan licin dapat membantu melumasi pipa yang tersumbat dan memungkinkan puing-puing yang tersangkut meluncur ke bawah dengan lebih mudah.

Tuangkan sekitar setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam toilet. Jika Anda tidak memiliki sabun cuci piring, potong-potong sabun batangan menjadi kecil-kecil dan buang potongan-potongan tersebut ke dalam toilet.

-Tambahkan air panas

Menggunakan sabun cuci piring saja tidak akan berhasil mengatasi kloset tersumbat. Untuk itu, perlu menambahkan air panas. Isi ember dengan air mandi panas dan tuangkan air panas cukup banyak ke dalam toilet. Kekuatan air panas bisa mengeluarkan apa pun yang menyebabkan penyumbatan pada kloset. Namun, hindari menggunakan air mendidih karena dapat menyebabkan toilet porselen retak.

-Gunakan gantungan kawat

Sebelum mengatasi toilet tersebut, cari tahu terlebih dulu apa yang menyebabkan penyumbatan ini. Penyumbatan yang lebih parah dapat memerlukan pemindahan item secara manual. Untuk melakukan ini, gunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat, lalu buka gantungan sampai lurus, dan dorong salah satu ujung kabel ke area yang tersumbat. Dorong puing-puing yang ada pada kloset sampai hilang dan mengalir ke saluran pembuangan.

-Campuran baking soda dan cuka

Sebagai alternatif dari menggunakan sabun cuci piring, cobalah solusi alami ini untuk mengatasi kloset tersumbat. Tuangkan satu cangkir baking soda dan dua cangkir cuka ke dalam kloset mampet. Biarkan campuran kedua bahan tersebut mendesis selama setengah jam. Jika sumbatan tidak juga menghilang, cobalah menggunakan air panas untuk membuka sumbatan toilet tanpa penyedot.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 20:46
Pelaku Pembunuh Orang Tua dan Saudari Kandung di Bantaeng Sulsel Diduga Alami Gangguan Jiwa
Pedoman Rakyat, Bantaeng- Kepolisian Resor (Polres) Bantaeng kini telah mengamankan A (30), pria keji yang tega membunuh kedua orang tuanya serta saud...
Nasional26 Oktober 2021 19:23
Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 300.000, Kemenkes: Segera Kami Tindak Lanjuti
Pedoman Rakyat, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan menindaklanjuti permintaan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) agar harga tes P...
Ekonomi26 Oktober 2021 18:11
Maraknya Pinjol Ilegal, Menkeu Sri Mulyani: Masyarakat Menderita dari Praktik Semacam Ini
Pedoman Rakyat, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung maraknya praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di In...
Hukum/Kriminal26 Oktober 2021 17:47
Aksi Unjuk Rasa Sejumlah Mahasiswa di Makassar Ricuh, Perwira Polisi Terkena Lemparan Batu
Pedoman Rakyat, Makassar- Aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berakhir ricuh. Satu pejabat polisi terkena l...