Mengkhawatirkan, Rata-rata Setiap Jam Ada 5 Permohonan Cerai di Malaysia

A. Zafran
A. Zafran

Selasa, 12 Oktober 2021 19:02

Mengkhawatirkan, Rata-rata Setiap Jam Ada 5 Permohonan Cerai di Malaysia

Pedoman Rakyat, Malaysia – Kasus perceraian di Malaysia cukup mengkhawatirkan. Dikabarkan rata-rata setiap satu jam ada lima permohonan cerai yang masuk.

Hal itu dikemukakan Wakil Menteri di Departemen (Hukum) Perdana Menteri, Datuk Mas Ermieyati Samsudin, seperti yang disadur dari The Star, Selasa (12/10/2021).

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Rata-rata 18 permohonan cerai diajukan oleh pasangan non-Muslim dalam sehari, sementara 121 pasangan Muslim mengajukan cerai dalam sehari,” jelasnya.

“Ini menghasilkan rata-rata lima berkas perceraian per jam,” tambahnya lagi.

“Bahkan saat kita berbincang sekarang, ada pasangan yang mengajukan gugatan cerai,” tuturnya.

“Bukankah ini sangat mengkhawatirkan?” ujarnya dalam pertemuan di parlemen, Selasa (12/10) ini.

Ermieyati sebelumnya memberikan informasi kepada parlemen bahwa lebih dari 76.000 permohonan cerai diajukan oleh pasangan non-Muslim maupun Muslim dalam kurun waktu Maret 2020 dan Agustus tahun ini.

Dari angka itu, 10.346 pengajuan dilakukan oleh non-Muslim. Mas Ermieyati menambahkan, dari jumlah tersebut, Selangor mencatat jumlah permohonan terbanyak dengan total 3.160, disusul Kuala Lumpur (2.893) dan Perak (1.209).

Dia juga mengatakan terdapat 66.440 permohonan cerai oleh pasangan Muslim dalam periode yang sama.

Mas Ermieyati mengatakan bahwa Selangor memiliki catatan tertinggi dengan 12.479 kasus diikuti oleh Johor (7.558) dan Kedah (5.985).

“Saya perlu mencatat bahwa jumlah kasus terkait dengan berkas perceraian, bukan berarti mereka berakhir dengan perceraian,” tutupnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:35
Gara-gara Tak Diberi Rokok, Pengangguran di Makassar Tikam Buruh Harian
Pedoman Rakyat, Makassar- Seorang pria yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh harian lepas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Jaya...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:29
AJI Makassar: Polda Sulsel Tak Profesional Terima Laporan Sengketa Pemberitaan
Pedoman Rakyat, Makassar -Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menanggapi kasus pelaporan terhadap nar...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 20:03
Hati-hati Berkendara! Siswi Cantik di Makassar Tewas Terlindas Truk karena Gagal Menyalip
Pedoman Rakyat, Makassar- Nasib malang menimpa seorang siswi yang masih berusia 17 tahun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gadis belia bern...
Hukum/Kriminal17 Oktober 2021 19:42
Polisi Ringkus Pelaku Pembunuh Wanita Asal Bantaeng Sulsel, Motifnya Diduga Urusan Bisnis Tokek
Pedoman Rakyat, Gowa- Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang wanita yang jasadnya ditemukan di tengah semak beluk...