Diserang Wabah Tikus, Australia Mengalami Kekacauan

A. Zafran
A. Zafran

Kamis, 24 Juni 2021 14:43

Diserang Wabah Tikus, Australia Mengalami Kekacauan

Pedoman Rakyat, Australia-Wabah tikus serang Australia bagian timur. Akibatnya,  terjadi kerugian besar bagi warga di negara benua tersebut.

Selain petani  yang hasil pertaniannya rusak,   sebanyak 200 staf dan 420 tahanan dari penjara Wellington diungsikan, Seperti dikutip dari The Associated Press.

Sponsored by ADVERTNATIVE

“Kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan para staf dan tahanan adalah prioritas nomor 1, jadi penting bagi kami untuk segera melakukan kerja remediasi vital,” ujar Komisaris Layanan Pemasyarakatan Peter Severin.

Kerusakan-kerusakan yang disebabkan wabah hewan pengerat itu seperti kabel listrik yang putus oleh gigitan, hingga membersihkan bangkai-bangkai tikus yang membusuk di balik dinding dan langit-langit bangunan.

Severin mengatakan serangan tikus paling parah terjadi di bagian kompleks penjara yang tidak dilapisi beton.

Selain itu, kata Severin pekerjaan perbaikan di penjara Wellington itu akan mencakup penyelidikan cara untuk melindungi fasilitas dari wabah tikus di masa depan, yang merupakan fenomena yang sebagian besar unik di Australia.

Sebagai informasi, wabah tikus menyerang wilayah Australia Timur telah menyebabkan kekacauan di daerah penghasil biji-bijian di negara tersebut selama berbulan-bulan–setidaknya sejak Agustus tahun lalu. Wabah tikus itu telah merusak lahan-lahan pertanian, rumah-rumah warga, pusat perbisnisan, sekolah, rumah sakit, bahkan penjara.

Peneliti dari CSIRO Steve Henry mengatakan jumlah hewan pengerat mulai meningkat karena spesies tersebut selalu berhenti berkembang biak selama musim dingin Belahan Bumi Selatan. Tapi, angka bisa meledak lagi jika kondisinya tepat di musim semi.

Wabah biasanya terjadi ketika hujan mengikuti beberapa tahun kekeringan. Wabah saat ini adalah yang terburuk yang dapat diingat banyak orang di beberapa daerah.

Henry mengatakan penjara di Wellington itu menjadi serangan tikus karena berada di antara lahan pertanian yang luas.

“Ada banyak lahan pertanian di sekitar penjara. Tikus itu menginvasi penjara mencari makanan dan tempat perlindungan karena udara akan segera dingin di luar sana,” ujar Henry.

Henry mengatakan wabah tikus ‘mengganas’ di Wellington tahun ini adalah hal yang belum pernah dia lihat. Namun, sambungnya, kondisi di New South Wales yang hampir sepanjang 2020 diwarnai hujan kontinyu telah membuat kesuburan tanah sangat bagus untuk pertanian, dan juga menjadi kondisi yang ideal bagi tikus.

 Komentar

Berita Terbaru
Hukum/Kriminal26 Juli 2021 22:31
2 Oknum Karyawan Bank di Pangkep Dilapor Kasus Pemerkosaan Bergilir
2 Oknum Karyawan Bank di Pangkep Dilapor Kasus Pemerkosaan Bergilir...
Hukum/Kriminal26 Juli 2021 19:25
Tok! Agung Sucipto, Penyuap Nurdin Abdullah Divonis 2 Tahun Penjara
Tok! Agung Sucipto, Penyuap Nurdin Abdullah Divonis 2 Tahun Penjara...
Hukum/Kriminal26 Juli 2021 19:18
Sakit Hati Diputuskan Pacar, Pria di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan
Sakit Hati Diputuskan Pacar, Pria di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan...
Nasional26 Juli 2021 18:05
Soal PPKM, Mendagri Minta Kepala Daerah Jalankan Instruksinya
Pedoman Rakyat, Jakarta- Menteri Dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta  para kepala daerah supaya segera menindaklanjuti beberapa instruksi...