Tidak Optimal, Posko Covid-19 di Makassar Disorot

Nhico
Nhico

Sabtu, 25 September 2021 17:11

Tidak Optimal, Posko Covid-19 di Makassar Disorot

Pedoman Rakyat, Makassar – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Kota Makassar berakhir hari ini, Senin (20/9/2021). Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) pesimis status tersebut bisa turun ke Level 3.

Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah pembenahan posko kelurahan yang dianggap belum optimal.

Sponsored by ADVERTNATIVE

Epidemiolog Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Ridwan Amiruddin menilai Pemkot tidak serius menjalankan fungsi poskonya pengendalian Covid-19 kelurahan.

“Ada posko Covid, tapi fungsinya tidak ada. Tidak sesuai dengan tindakan semestinya. Masih sub optimal fungsinya,” ungkap Prof Ridwan, Minggu (19/9/2021).

Semestinya, posko kelurahan aktif melakukan tracing kasus. Fakta di lapanga, tracing justru dilakukan secara acak, sehingga tidak berjalan efektif.

Bahkan posko-posko Covid-19 cenderung tidak aktif sama sekali. Padahal hal itu yang menjadi standar penanganan.

“Harapannya kan posko itu semua kasus terkonfirmasi di wilayah dilacak. Kemudian kontak erat dilaporkan, kemudian poskonya betul-betul aktif memberikan edukasi kepada warga sekitarnya,” bebernya.

Fungsi-fungsi tersebut, kata dia, tidak ditemukan. Selain itu, pemerintah juga dianggap hanya mengulang persoalan yang sama dengan PPKM sebelumnya, tanpa ada tindakan pembenahan. Misalnya, tracing dan testing kasus yang hingga saat ini belum dibenahi.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro25 Oktober 2021 11:43
Walikota Danny Pomanto Pastikan Bangun Sport Center Standar Internasional di Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Walikota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto menghadiri sekaligus menutup secara resmi Basketball Championship Waliko...
International25 Oktober 2021 11:33
Di Cina! Sekolah Dilarang Beri PR Terlalu Berat Pada Siswa, Bagaimana Indonesia?
Pedoman Rakyat, China mengesahkan undang-undang yang mengatur sekolah untuk tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang terlalu berlebihan pada siswa. ...
Hukum/Kriminal25 Oktober 2021 10:56
Polisi Buru Pemotor yang Beraksi Freestyle di Jalan Tol Layang Makassar
Pedoman Rakyat, Makassar – Viral video aksi ugal-ugalan dua pemotor yang nekat menerobos jalan tol layang AP Pettarani Makassar, Sabtu (23/10/20...
Metro25 Oktober 2021 10:32
Sedang Asik Berduaan di Wisma, Sepasang Mahasiswa di Makassar Digerebek Satpol PP
Pedoman Rakyat, Makassar – Sepasang mahasiswa terjaring razia sedang berduaan di dalam sebuah wisma. Razia ini dilakukan oleh Dinas Sosial dan S...