Korban Tewas Gempa Maroko Tembus 2.862 Orang, 100.000 Anak Terdampak

Nhico
Nhico

Selasa, 12 September 2023 14:28

Gempa di Maroko.(F-INT)
Gempa di Maroko.(F-INT)

Pedomanrakyat.com, Maroko – Sedikitnya 2.862 orang tewas akibat gempa Maroko, dan 2.562 orang terluka, menurut lembaga penyiaran pemerintah 2M, Senin (11/9/2023).

Sementara itu, badan anak PBB UNICEF menyebutkan, sebanyak 100.000 anak-anak terdampak gempa Maroko magnitudo (M) 6,8 yang mengguncang pada Jumat (8/9/2023) pekan lalu.

Saat ini regu penyelamat masih melakukan pencarian korban dari puing-puing bangunan, dan berusaha menjangkau komunitas-komunitas terpencil di kawasan pegunungan.

Gempa Maroko tersebut merupakan yang terkuat yang melanda negara itu dalam lebih dari satu abad.

Diketahui, pusat gempa tidak jauh dari daerah wisata dan ekonomi Maroko, Kota Marrakesh.

Dampaknya terasa sangat luas, hingga mencapai Casablanca di Maroko utara.

Wilayah tersebut, seperti banyak lokasi lain yang terkena dampak parah, terletak di selatan Maroko di kaki Pegunungan Atlas, yang mencakup desa-desa dan permukiman terpencil yang sulit dijangkau oleh tim penyelamat.

Para saksi mata mengatakan, beberapa wilayah hancur total, dan hampir semua rumah di wilayah Sesa Asni rusak .

Sementara itu, UNICEF pada hari Senin mengatakan, sekitar 100.000 anak terkena dampak gempa Maroko.

“Ribuan rumah telah hancur, membuat banyak keluarga mengungsi, dan membuat mereka terpapar cuaca buruk pada saat suhu turun pada malam hari. Sekolah, rumah sakit dan fasilitas medis dan pendidikan lainnya rusak atau hancur akibat gempa, sehingga berdampak lebih lanjut pada anak-anak,” kata UNICEF.

Badan tersebut mengatakan, mereka telah memobilisasi staf kemanusiaan untuk mendukung respons segera di lapangan, yang dipimpin oleh Kerajaan Maroko.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik16 Juli 2024 15:44
Hubungan Kekerabatan hingga Motivasi Jabatan Disebut Jadi Faktor ASN Tak Netral di Pemilu
Pedomanrakyat.com, Makassar – Publish research intitute menggelar diskusi dengan tema “Netralisasi ASN Harga Mati, Melanggar Sanksi Besar ...
Daerah16 Juli 2024 14:45
Jagoan NasDem Muzayyin Arif-Ikhsan Hamid Datang ke Sinjai Timur, Puluhan Emak-emak Langsung Kerumuni: Harapan para Petani!
Pedomanrakyat.com, Makassar – Bakal calon (Balon) Bupati dan wakil bupati Sinjai Muzayyin Arif- Andi Ikhsan Hamid menemui kelompok ibu rumah tan...
Nasional16 Juli 2024 12:17
Jokowi Lantik 906 Perwira TNI-Polri di Istana Merdeka
Pedomanrakyat.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri tahun 2024 di Istana Me...
International16 Juli 2024 11:28
Joe Biden Kecam Trump Pilih Senator JD Vance Jadi Cawapres di Pemilu AS 2024
Pedomanrakyat.com, AS – Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menanggapi pengumuman kandidat presiden AS Donald Trump yang menjat...